<p>Warga mengikuti ujicoba Light Rail Transit (LRT) di Stasiun Boulevard Utara, Kelapa Gading, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

LRT Jabodebek Segera Beroperasi, Rangkaian Kereta Masuk Kawasan Depo

  • LRT Jabodebek hampir siap beroperasi dan dua rangkaian keretanya untuk pertama kalinya memasuki kawasan Depo.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) mengungkapkan LRT Jabodebek hampir siap beroperasi dan rangkaian kereta LRT Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) untuk pertama kalinya telah memasuki kawasan Depo.

Corporate Secretary ADHI Fajar Budiyanto mengatakan dua buah rangkaian kereta telah selesai diuji coba di tiga lintasan pelayanan, menjadi pembuka pintu untuk memasuki kawasan Depo LRT Jabodebek.

"Setelah diuji coba di lintasan pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur, kedua rangkaian memasuki kawasan Depo melalui Stasiun Bekasi Timur yang berada di daerah yang sama dengan Depo," kata Fajar Budiyanto dalam keterangan resmi, Jumat, 17 Maret 2022.

Saat ini, kedua rangkaian tersebut akan dilakukan beberapa tes selanjutnya, di antaranya tes kelistrikan kereta serta tes kesesuaian pada lintasan atau track yang ada.

Nantinya, kereta akan diuji coba untuk melakukan penyesuaian pada beberapa fasilitas di Kawasan Depo.

Kedua rangkaian tersebut saat ini telah diparkirkan di sisi utara dan selatan stabling building atau pada transfer track menuju gedung light maintenance dan heavy maintenance untuk melalui tes lanjutan.

Hingga 25 Februari 2022, pembangunan Depo LRT Jabodebek telah mencapai progres sebesar 72,5%. Kemudian, progres pembangunan lintasan pelayanan I Cawang-Cibubur mencapai 94,5%.

Lintasan pelayanan II Cawang-Dukuh Atas capai 89,1%, lintasan pelayanan Cawang-Bekasi Timur mencapai 92,2%. Dengan begitu, progres keseluruhan lintas pelayanan kini telah mencapai 90%.