Nampak LRT tengah ujicoba melintas di kawasan Jl Rasuna Said Kuningan. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI optimistis Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dapat beroperasi sesuai target pada Juli 2023 usai mencapai progres 90 persen. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Transportasi dan Logistik

LRT Jabodebek Siap Uji Coba 12 Juli 2023 dengan Tarif Rp1, MTI Soroti Jaminan Keselamatan

  • LRT Jabodebek akan diuji coba operasional untuk umum terbatas dengan tarif Rp1.
Transportasi dan Logistik
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - LRT Jabodebek akan diuji coba operasional untuk umum terbatas pada 12 Juli 2023 dengan tarif Rp1. Keberhasilan atau kesuksesan pengoperasian LRT Jabodebek harus dibarengi jaminan keselamatan.

Wakil Ketua Pemeberdayaan dan Penguatan Wilayah MTI Djoko Setijowarno mengungkapkan harus ada jaminan keselamatan bagi pengguna LRT Jabodetabek. Hal ini mengingat pernah terjadi kecelakaan saat tahapan uji coba beberapa waktu lalu. Selain itu, saat LRT Sumatra Selatan dioperasikan tahun 2018, terjadi kerusakan mesin yang menyebabkan penumpang panik.

"Tidak hanya merasakan kelancaran dan kenyaman perjalanan LRT Jabodebek, namun jika terjadi musibah kecelakaan juga harus diperhitungkan dengan cermat. Pasalnya, posisi jaringan melayang, maka jaminan keselamatan pengguna LRT Jabodebek harus diperhatikan dan pengguna mendapatkan informasi yang lengkap bagaimana cara antisipasinya,"katanya dikutip pada Selasa 4 Juli 2023.

Angkutan Penghubung

Di sisi lain, Djoko mengatakan, sebagai sebuah angkutan publik massal, pelayanan LRT Jabodebek tidak bisa bersifat tunggal, tapi harus terintegrasi, dari hulu hingga hilir, pra perjalanan (first mile), selama perjalanan, dan paska perjalanan.

Banyak moda transportasi yang dipakai untuk menuju stasiun stasiun pemberangkatan LRT Jabodetabek. Kendaraan pribadi (baik bermotor atau tidak bermotor) yang paling mudah dipakai, namun kurang dikehendaki.

Angkutan umum yang paling dikehendaki, lantaran akan mengurangi kepadatan kendaraan diparkir di stasiun. Rata-rata luas lahan parkir di stasiun LRT Jabodebek tidak seluas lahan parkir stasiun KRL Jabodebek.

Djoko meminta kesiapan pemda di Bodebek  untuk menyediakan sejumlah rute menuju stasiun terdekat. Sementara sejumlah stasiun yang berada di wilayah Kota Jakarta sudah terhubungan dengan jaringan transportasi umum yang sudah beroperasi terlebih dahulu.

Idealnya semua kawasan perumahan yang berada dalam Kawasan Bodetabek memiliki jaringan layanan angkutan umum menuju stasiun LRT Jabodebek terdekat. Supaya dapat meringankan biaya transportasi, maka diperlukan tarif terintegrasi moda transportasi.

Jika dirasakan pemda Bodebek tidak bisa menyiapkan angkutan penghubung yang layak, maka Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bisa meminta bantuan PT Transjakarta atau PO Bus swasta untuk memgoperasikan bus dari sejumlah kawasan perumahan di Bodebek menuju stasiun LRT Jabodebek terdekat.