Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
Nasional

Luhut Ajak Investor dari Negeri Kincir Angin Investasi di IKN

  • Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Marves) mengundang para investor Belanda untuk berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai kota pintar dan hijau atau bisa disebut smart and green city.
Nasional
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Marves) mengundang para investor Belanda untuk berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai kota pintar dan hijau atau bisa disebut smart and green city.

Pada kesempatannya, Luhut bertemu dengan para investor Belanda di Den Haag. Di sana, Luhut mengajak pelaku usaha Belanda untuk meningkatkan investasinya di Indonesia.

“Indonesia dan Belanda memiliki sejarah panjang, hal ini merupakan modalitas penting penguatan kerja sama bilateral,” kata Luhut dikutip dari laman Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) pada Kamis, 2 Juni 2022. 

Selain mengajak berinvestasi di IKN, Luhut juga menjelaskan mengenai teknis capaian Indonesia dalam penanganan pandemi dan pengembangan ekonomi hijau (green economy). Hal ini menegaskan bahwa Indonesia sebagai mitra investasi yang strategis. 

Tidak hanya itu, Luhut juga menjelaskan mengenai teknologi digitalisasi yang tengah dikembangkan Kemenko Marves dalam sektor pelabuhan yang nantinya bisa menciptakan iklim usaha menjanjikan yang bisa dimanfaatkan Negeri Kincir Angin. 

Adapun pertemuan itu diinisiasi oleh VNO NCW (Federasi Pengusaha Belanda) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag. Hadir pula Duta Besar Republik Indonesia di Belanda yakni Deputi Kedaulatan Maritim dan Energi serta Plt. Deputi Transportasi dan Infrastruktur.