<p>Pemulangan Pekerja Migran Indonesia di Pelabuhan/ Bnp2tki.go.id</p>
Nasional

Luhut Kerahkan 20 Ribu Personel untuk Pulangkan TKI dari Malaysia

  • JAKARTA – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyiapkan 20 ribu personil untuk memulangkan tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia. Meski tidak menyebut tanggal kepulangan, pemerintah hanya megatakan jika pemulangan akan berlangsung dalam waktu dekat. “Untuk memulangkan buruh migran ke Indonesia, dari Kemenko Maritim alan siapkan 20 ribu personel untuk membantu prosesnya,” kata Panglima Komando […]

Nasional
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyiapkan 20 ribu personil untuk memulangkan tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia.

Meski tidak menyebut tanggal kepulangan, pemerintah hanya megatakan jika pemulangan akan berlangsung dalam waktu dekat.

“Untuk memulangkan buruh migran ke Indonesia, dari Kemenko Maritim alan siapkan 20 ribu personel untuk membantu prosesnya,” kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono dalam konferensi persi di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat 3 April 2020.

Untuk sarana transportasi yang akan digunakan, ia menyebut akan mengoperasikan Kapal Republik Indonesia (KRI) yang saat ini telah berada di Batam. Batam sendiri dipilih karena wilayahnya yang berdekatan dengan Malaysia, sehingga akan mempermudah mobilisasi kapanpun dibutuhkan.

“KRI ini khususnya akan mengangkut migran ke wialayah Jawa,” tambahnya.

Untuk memperjelas teknis pemulangan serta prosedur pemeriksaan kesehatan migran. Pemerintah akan menggelar rapat dengan Pemerintah Daerah setempat har ini.

“Untuk migran yang terbukti positif COVID-19 akan dirawat di RS Galang yang mulai beroperasi pada 6 April 2020.”