Benarkah Menggunakan Fingerprint di Ponsel Android Aman?
Gaya Hidup

Lupa Password Ponsel Android Anda? Ini Trik Membukanya

  • Simak beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk membantu Anda memulihkan pola kunci atau PIN dan password yang Anda lupakan di ponsel Android Anda.

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Kehilangan akses ke ponsel akibat lupa password atau pola kunci ponsel Anda tentu adalah hal yang menjengkelkan. Hal ini bisa menjadi frustasi karena ada banyak informasi pribadi yang kita simpan di perangkat seluler.

Namun sekarang jika Anda mengalaminya, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa metode yang membantu Anda mendapatkan akses kembali ke perangkat Android yang saat ini telah terkunci.

Cara Mengatasi Lupa Password pada Ponsel Android

Cara mengatasi lupa password pada ponsel Android

Berikut beberapa cara atau metode yang bisa Anda lakukan untuk membuka kunci ponsel Android Anda.

1. Gunakan Find My Device

Jika Anda telah mencoba membuka pola kunci berkali-kali dan tetap gagal, Anda dapat menggunakan fitur Find My Device yang sebelumnya dikenal sebagai Android Device Manager yang disediakan oleh Google. Melalui utilitas yang resmi disediakan ini, Anda dapat memanfaatkannya untuk menemukan, mengunci, atau menghapus akses dari jarak jauh menggunakan komputer. Selanjutnya, Anda juga dapat membuat password baru untuk memperoleh akses kembali atas ponsel Android Anda. Berikut caranya.

  1. Arahkan ke myaccount.google.com/find-your-phone.
  2. Masukkan kredensial Google Anda, lalu pilih perangkat Anda yang terkunci.
  3. Klik pada opsi Lock, dan tetapkan password baru.
  4. Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, Anda dapat menggunakan password yang baru disetel untuk membuka kunci perangkat Android dari layar yang terkunci. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan ke Settings untuk melakukan konfigurasi ulang sistem penguncian ponsel pilihan Anda.

2. Dapatkan Akses Ponsel Menggunakan Gmail

Pendekatan utama untuk ponsel Android lama adalah dengan memulihkan password melalui Gmail. Saat Anda salah memasukkan pola kunci atau password sebanyak lima kali, biasanya ada opsi ‘Forgot your password’. 

Jika Anda telah mengaktifkan WiFi atau konektivitas data, Anda bisa menggunakan opsi tersebut untuk memasukkan email dan password Anda lalu bisa digunakan untuk membuka kunci perangkat. 

3. Factory Reset Ponsel

Jika beberapa cara dilakukan tidak bisa membuka kunci ponsel Android Anda, Anda bisa mencoba factory reset ponsel. Akan tetapi, hal ini memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui, di mana semua data di perangkat akan terhapus kecuali konten yang disimpan di microSD. 

Itu tadi beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk membantu Anda memulihkan pola kunci atau PIN dan password yang Anda lupakan di ponsel Android Anda. Meski begitu, ada baiknya jika Anda tetap membuat cadangan data dan mengaktifkan opsi keamanan yang ditawarkan oleh Google atau produsen ponsel Anda.