<p>Sumber: kppu.go.id</p>
Nasional

M. Afif Hasbullah Resmi Jadi Ketua KPPU, Ini Profilnya

  • Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) resmi mengangkat M. Afif Hasbullah sebagai Ketua KPPU untuk periode 16 September 2022 sampai dengan 27 April 2023 menggantikan Ukay Karyadi
Nasional
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) resmi mengangkat M. Afif Hasbullah sebagai Ketua KPPU untuk periode 16 September 2022 sampai dengan 27 April 2023 menggantikan Ukay Karyadi.

“Dalam menjalankan amanah tersebut, M. Afif Hasbullah didampingi Guntur Syahputra Saragih yang telah menjalankan tugasnya sebagai Wakil Ketua KPPU sejak tanggal 16 Desember 2020,” tulis KPPU dalam keterangan pers, Jumat 16 September 2022.

M. Afif Hasbullah, atau akrab dipanggil Gus Afif, merupakan doktor di bidang hukum dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Beliau menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Ph.D dan Magister Hukum Kenegaraan pada Universitas Gadjah Mada. 

Pada awal karirnya, Gus Afif aktif di lingkup pendidikan sebagai akademisi di Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan, yang kemudian mengantarkannya menjadi Rektor di Universitas tersebut pada tahun 2014 hingga 2017. Setelah menjabat sebagai Rektor, Gus Afif aktif sebagai Ketua Senat Akademik, suatu jabatan non struktural di Kampus. 

Gus Afif yang lahir di Lamongan pada 1976 ini pernah menerima penghargaan IHRDP Silver Award dari International Human Resources Development Program dan Researchers & Educators Award dari Academic International Consortium of Indonesia (AIC Indonesia). 

Beliau juga tercatat sempat aktif sebagai Konsultan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan Reviewer bagi calon penerima beasiswa pada Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.