MacOS Sonoma Terbaru Bikin Mac Mirip dengan iPhone, Tertarik Coba?
Tekno

MacOS Sonoma Terbaru Bikin Mac Mirip dengan iPhone, Tertarik Coba?

  • Inilah beberapa fitur baru yang dibawa oleh MacOS Sonoma yang membuat MacBook jadi terasa seperti iPhone. Tertarik mencobanya?
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Sistem operasi dari Mac yaitu MacOS selama beberapa tahun terakhir memiliki kecenderungan di mana tampilannya jadi semakin mirip dengan iOS dari iPhone. Bahkan, ikon yang ada di MacOS kini tampak seperti ikon di iOS iPhone. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menggunakan iPhone sebagai Mac.

Seperti yang dilansir dari laman The Verge, fitur ini tampaknya sudah jelas dituju oleh Apple sejak merilis sistem operasi Big Sur. Jadi, hal ini merupakan kabar baik untuk penggemar Continuity yang menjadi keunggulan dari MacOS Sonoma.

Fitur MacOS Sonoma

Fitur MacOS Sonoma

Berikut beberapa fitur baru dari MacOS Sonoma yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Widget

Pada acara WWDC 2023 lalu, Apple seperti biasa mengumumkan berbagai produk yang akan diluncurkannya, termasuk soal MacOS Sonoma. MacOS Sonoma memiliki berbagai pembaruan yang disertakan untuk public beta seperti widget yang saat ini bisa dipasang di desktop.

Seperti yang telah diketahui, pengguna iPhone sangat terbantu dengan adanya widget di ponselnya. Widget di MacOS Sonoma ini akan menyatu dengan wallpaper sehingga tidak akan mengganggu proses Anda bekerja. Selain itu, berkat adanya fitur Continuity, Anda bisa menggunakan widget yang sama dari iPhone dan di Mac, tapi harus berada di dalam jaringan Wi-Fi yang sama.

2. Video Conference

Tidak hanya soal widget, MacOS Sonoma juga meningkatkan kualitasnya untuk video conference. Fitur ini menyediakan Presenter Overlay yang memungkinkan pengguna menampilkan dirinya di depan konten yang sedang mereka bagikan. Fitur ini tersedia untuk aplikasi konferensi yang didukung oleh Neural Engine dalam chip Apple silicon.

Fitur ini akan memberikan efek AR dan reaction yang memungkinkan pengguna membagikan reaksi mereka selama sesi video. Selain itu fitur share screen juga semakin ditingkatkan.

3. Safari

MacOS Sonoma menyediakan profil pada Safari untuk memisahkan penjelajahan antar topik. Anda juga dapat mengatur profil yang berbeda untuk penggunaan pribadi dan untuk tujuan bekerja. Selain itu, fitur baru dari Safari ini juga berfungsi untuk meningkatkan perlindungan dari pelacak yang mungkin akan mengakses perangkat Anda.

4. Mode Game

MacOS Sonoma baru akan menghadirkan mode game baru. Fitur ini akan meningkatkan pengalaman bermain game yang lebih dioptimalkan dengan frekuensi gambar yang lebih halus. Selain itu, fitur mode game baru ini juga berguna untuk mengurangi audio latency dengan AirPods dan mengurangi input latency dengan pengontrol game. 

Itu tadi beberapa fitur baru yang dibawa oleh MacOS Sonoma yang membuat MacBook jadi terasa seperti iPhone. Tertarik mencobanya?