Photo by August de Richelieu: https://www.pexels.com/photo/family-preparing-food-in-the-kitchen-4262010/
Gaya Hidup

Makan Hemat! Tips "Frugal Living" yang Bisa Memangkas Biaya Makan Anda

  • Banyak orang yang merasa uang mereka banyak dibelanjakan untuk kebutuhan makan.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Frugal Living adalah konsep hidup berhemat dengan menekan pengeluaran untuk mencapai tujuan keuangan.

Seperti istilah sandang, pangan, dan papan. Biaya pangan  atau biaya makan masuk ke dalam kebutuhan primer di kehidupan sehari-hari. Tak ayal banyak orang yang merasa uang mereka banyak dibelanjakan untuk kebutuhan makan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, konsep frugal living dapat Anda terapkan sehingga biaya makan Anda tidak akan membengkak. Berikut diantaranya

1. Rencanakan makanan Anda

Keputusan makan yang diambil di menit-menit terakhir sering kali mengarah kepada pemborosan karena Anda cenderung impulsif sehingga pembelian Anda akan menjadi lebih mahal.

2. Buat meal plan

Meal plan adalah metode perencanaan menu makan dalam jangka waktu tertentu. Dengan meal plan, Anda dapat lebih efektif ketika berbelanja bahan makanan dan bahan makanan Anda akan terpakai semua tanpa ada yang harus dibuang karena memang Anda sudah belanja sesuai dengan rencana.

3. Tanam sayuran di rumah

Banyak jenis sayur hingga buah yang dapat Anda tanam di rumah dengan mudah. Pilih tanaman yang memang sering Anda butuhkan seperti cabai, tomat, seledri. Jika Anda memiliki kendala tempat bertanam, Anda dapat menggunakan pot hingga media tanam hidroponik.

4. Gunakan lebih sedikit daging

Harga daging terutama daging sapi memang terhitung mahal jika dibandingkan daging yang lain atau bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Cobalah untuk membuat alternatif untuk resep-resep yang menggunakan daging.

5. Memasak sendiri

Terlalu sering makan diluar tentu saja akan membuat pengeluaran Anda membengkak. Restoran menetapkan harga untuk menu mereka dengan disertai pertimbangan biaya operasional, biaya gaji karyawan, hingga biaya sewa tempat. Jika Anda memasak sendiri makanan Anda, Anda tidak perlu membayar semua biaya tersebut.

6. Letakkan makanan di kulkas agar lebih tahan lama

Makanan yang disimpan di kulkas akan bertahan selama 3 hingga hari. Cobalah untuk mulai menyimpan makanan-makanan yang tidak habis di dalam kulkas. Ketika ingin menyantapnya lagi, Anda tinggal memanaskannya. Praktis.

Nah berikut tadi adalah tips frugal living yang bisa Anda terapkan untuk menekan biaya pengeluaran makan Anda. Selamat mencoba!