Photo by Nicole Michalou : https://www.pexels.com/photo/top-view-of-a-family-praying-before-christmas-dinner-5779170/
Rumah & Keluarga

Makan Malam Bisa jadi Sarana Parenting, Ini yang Bisa Diajarkan pada Anak

  • Makan malam merupakan waktu yang berharga untuk sekeluarga sekaligus bisa menjadi sarana parenting.
Rumah & Keluarga
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Makan malam merupakan waktu yang berharga untuk berkumpul bersama keluarga. Penelitian 30 tahun yang lalu menunjukkan bahwa makan besama keluarga secara teratur dapat membawa banyak manfaat.

Dilansir oleh TrenAsia.com, Sabtu, 3 Juni 2023, Temma Ehrenfeld, seorang penulis dengan fokus kesehatan mental dan psikologi menuliskan untuk Psychology Today bagaimana makan malam dapat menjadi sarana parenting untuk anak-anak Anda.

1. Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak-Anak Anda

Paksa anak untuk menyimpan ponsel ketika momen makan malam. Momen ketika anak tidak bermain ponsel dan fokus makan malam dapat meningkatkan kesehatan mental anak-anak melalui berbagai cara.

Anak-anak mungkin membutuhkan dukungan untuk mengkomunikasikan sesuatu begitupun dengan orang tua. Anda mungkin membutuhkan waktu yang tepat untuk mengkomunikasikan sesuatu dan momen ini bisa Anda dapatkan ketika ponsel tidak ada di meja makan.

Penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 5.000 remaja di Minnesota mengungkapkan bahwa makan malam bersama keluarga dikaitkan dengan tingkat pikiran untuk bunuh diri yang lebih rendah.

Selain itu anak-anak yang pernah menjadi korban cyberbullying juga menjadi lebih mudah bangkit kembali.

2. Membantu Anak Membentuk Kebiasaan Makan yang Baik

Makan bersama keluarga dapat mengajarkan kontrol porsi kepada anak-anak. Hal ini bisa menjadi langkah yang efektif untuk memerangi obesitas.

Pertimbangkan untuk menyajikan makanan sehat di atas meja dan biarkan anak Anda mengambil porsi makan mereka sendiri. Tunjukkan kepada mereka porsi yang sesuai dengan mencontohkan di piring Anda sendiri.

Anak-anak mungkin tidak serta-merta mengikuti pola makan dan pilihan makanan seperti Anda, tetapi Anda tetap bisa mencontohkan kebiasaan yang baik untuk mereka.

3. Buat Suasana Makan Malam Menyenangkan

Studi menunjukkan bahwa mengasosiasikan waktu makan dengan permusuhan, displin dan pertengkaran mungkin akan membuat anak makan berlebihan dan menyebabkan obesitas.

Jadi buatlah suasana di meja makan menjadi suasana yang menyenangkan.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai parenting melalui makan malam. Semoga bermanfaat!