Aneka sayuran
Destinasi & Kuliner

Makanan Penurun Kolestrol Ketika Terlalu Banyak Mengonsumsi Daging Kurban

  • Momen perayaan Iduladha memang identik dengan berbagai olahan daging baik daging sapi maupun daging kambing.

Destinasi & Kuliner

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Momen perayaan Iduladha memang identik dengan berbagai olahan daging baik daging sapi maupun daging kambing. Hampir mayoritas umat muslim akan membuat olahan berbahan daging tersebut mengingat pada momen ini ketersediaan stok daging cukup banyak.

Berbagai macam olahan berbahan daging tersebut jika dikonsumsi terlalu banyak atau berlebihan tentunya juga akan menimbulkan resiko dan akibat. Salah satu akibat yang seringkali terjadi setelah mengonsumsi olahan daging kurban dengan berlebihan yaitu meningkatnya kadar kolesterol pada dalam tubuh.

Bagi orang dengan usia muda mungkin masalah tersebut masih kurang begitu terasa efeknya. Namun untuk orang yang telah berusia tua efek dari naiknya kadar kolesterol pada tubuh akan begitu terasa efeknya. Oleh karena itu untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi olahan daging. Selain itu juga dapat dengan mengonsumsi makanan-makanan alami sebagaimana berikut ini.

Mengonsumsi Sayuran

Mengonsumsi sayur merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada pada tubuh. Sayuran yang dapat mengurangi kolesterol pada tubuh antara lain yaitu daun kemangi, timun, terong, kubis, bunga kol, brokoli,dan bayam. 

Sayur ini mengandung senyawa-senyawa yang dapat mengurangi kadar kolesterol pada tubuh. Pada umumnya sayur-sayur tersebut dikonsumsi sebagai lalapan. Dengan dikonsumsi sebagai lalapan makan manfaat dan kandungan dalam sayuran tersebut akan lebih terasa efektif dalam mengurangi kadar kolesterol pada tubuh. Namun demikian, terkadang juga ada yang mengonsumsinya dengan cara dimasak kembali.

Minum Teh Hijau dan Jus Buah

Terdapat berbagai cara untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Salah satu caranya yaitu dengan minum teh hijau maupun jus buah. The hijau dipercaya memiliki senyawa yang dapat mengurangi kadar kolesterol yang menumpuk dalam tubuh. Selain teh hijau, aneka jus buah juga dapat membantu untuk menurunkan kolesterol.

Jus buah tomat dan jeruk juga dipercaya efektif untuk mengurangi kolesterol yang menumpuk di dalam tubuh akibat terlalu banyak mengonsumsi olahan daging. Meminum jus tomat atau jeruk secara rutin ataupun setelah mengonsumsi olahan daging dipercaya efektif untuk mengurangi kolesterol yang menumpuk.