<p>Dompet digital GoPay milik PT Dompet Anak Bangsa dari Gojek Indonesia / Gojek.com</p>
Nasional

Makin Banyak Pilihan, Kini GoPay Jadi Opsi Pembayaran Transjakarta

  • Pilihan transportasi di Jakarta semakin beragam. Baik pilihan dan juga segi pembayarannya. Hal itu dibuktikan dengan kolaborasi yang baru antara GoTo dan juga Transjakarta.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Pilihan transportasi di Jakarta semakin beragam. Baik pilihan dan juga segi pembayarannya. Hal itu dibuktikan dengan kolaborasi yang baru antara GoTo dan juga Transjakarta.

GoTo yang memiliki dompet digital bernama GoPay kini bisa menjadi pilihan pembayaran bagi warga Jakarta yang akan melakukan mobilitas.

Adapun kolaborasi di bidang transportasi ini menyasar sekitar 800 ribu penumpang Transjakarta per harinya.

CEO GoTo Andre Soelistyo menerangkan, kini masyarakat di Jakarta mempunyai tingkat mobilitas yang tinggi sama seperti sebelum pandemi.

"Harapan kami, kolaborasi ini semakin meningkatkan kemudahan masyarakat dalam menikmati mobilitas yang cepat, aman dan didukung transaksi non tunai terintegrasi dari GoPay dan layanan Tije," katanya dalam keterangan resmi, Rabu, 14 Desember 2022.

Ia juga berharap kedepannya integrasi antara Tije dan GoTransit akan memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat membantu pemerintah mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas Jakarta.

Sementara itu, Direktur Utama Transjakarta Yana Aditya mengatakan, kolaborasi bersama dengan GoTo dan GoPay bisa menghubungkan kehidupan Jakarta yang semakin diperluas lewat pilihan moda transportasi yang lebih banyak serta cara pembayaran yang lebih mudah.

Adapun keselerasan visi dan komitmen inilah yang mendorong kolaborasi di antara dua kekuatan besar di sektor transportasi dan teknologi.

Kolaborasi GoPay dan Transjakarta ini juga melengkapi kerja sama strategsi GoPay lainnya dengan sejumlah layanan transportasi umum di berbagai kota seperti Kereta Commuter Indonesia, MRT Jakarta, Bus Transpakuan Bogor, Trans Semarang, hingga Blue Bird.

"Kerja sama dengan berbagai transportasi publik terbukti telah meningkatkan transaksi GoPay untuk layanan mobilitas sebesar lebih dari 4x lipat sejak Januari hingga November 2022," kata Andre.

Tak cukup sampai di situ, bentuk kolaborasi lainnya dari GoTo dan Transjakarta juga akan segera diperkenalkan, untuk menawarkan lebih  banyak kemudahan bagi pengguna Transjakarta, antara lain untuk membeli tiket Transjakarta melalui fitur GoTransit di aplikasi Gojek.

GoTransit merupakan inovasi yang telah memperkuat Gojek sebagai penghubung multimoda transportasi publik, khususnya masyarakat dari berbagai wilayah sekitar Jakarta, untuk mempermudah mobilitas agar perjalanan lebih mudah dan efisien.

Tambahan informasi, GoPay adalah layanan dompet elektronik dari GoTo Financial yang paling banyak digunakan di Indonesia berdasarkan riset Insights Asia's "Consistency That Leads E-Wallet Industry Outlook 2023" Study, dan GoPay akan tersedia sebagai opsi pembayaran di aplikasi mobile Tije.

Tije adalah sebuah platform digital untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna Transjakarta, seperti membeli tiket hingga mendapatkan informasi rute dan halte. Pembayaran nontunai dengan GoPay di aplikasi Tije dapat dilakukan mulai Januari 2023.