<p>apple.com</p>
Tekno

Makin Canggih! Apple Disebut Akan Hadirkan Layanan Pelacak Emosi dan Pelatihan Kesehatan

  • Apple dilaporkan sedang mengembangkan layanan dan teknologi pelatihan kesehatan yang berteknologi kecerdasan buatan untuk melacak emosi pengguna.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Apple memang terkenal dengan produk dan layanannya yang inovatif, khususnya di bidang kesehatan dan kebugaran. Apple juga sempat membuat aplikasi dan gadget yang membantu pengguna melacak kesehatan mereka.

Sekarang, Apple tampaknya sekali lagi ingin mendorong batasan dari apa yang mungkin dilakukan oleh mereka dengan menggunakan kecerdasan buatan atau AI.

Perusahaan tersebut dilaporkan sedang mengembangkan layanan dan teknologi pelatihan kesehatan yang berteknologi kecerdasan buatan untuk melacak emosi pengguna. Fitur-fitur tersebut bertujuan untuk memberi pengguna pendekatan yang lebih komprehensif dan personal terhadap kesehatan dan kesejahteraan.

Seperti yang dilansir dari laman IndiaToday, Apple meluncurkan layanan pelatihan baru yang disebut Quartz. Layanan ini dirancang untuk membantu pengguna tetap termotivasi untuk berolahraga, memperbaiki kebiasaan makan, dan tidur lebih nyenyak.

Ide di balik layanan ini adalah menggunakan AI dan data dari Apple Watch untuk membuat program pelatihan yang dipersonalisasi yang disesuaikan dengan masing-masing pengguna.

Langkah yang diambil oleh Apple ini disebut digunakan untuk menjadikan fitur kesehatan sebagai pusat perangkatnya, khususnya Apple Watch. Upaya terbaru perusahaan di bidang ini termasuk memperluas aplikasi kesehatan ke iPad dan memperkenalkan fitur yang dapat membantu pengguna dengan penglihatan yang buruk.

Tidak hanya itu, Apple juga dilaporkan berencana untuk memperkenalkan aplikasi kesehatan iPhone versi iPad yang memungkinkan pengguna untuk melihat data kesehatan mereka termasuk hasil elektrokardiogram. Perubahan ini rencananya akan disertakan di iPadOS 17 akhir tahun ini.

Versi iPad dari aplikasi kesehatan ini ditujukan untuk meningkatkan popularitas aplikasi di pengaturan perawatan kesehatan, di mana tablet tersebut sudah digunakan secara luas.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa Apple dapat menambahkan tools baru untuk melacak emosi dan mengelola kondisi penglihatan seperti rabun jauh ke aplikasi kesehatannya tahun ini. Sedangkan versi awal pelacak emosi akan membantu pengguna mencatat suasana hati, menjawab pertanyaan tentang hari mereka, dan melacak hasil mereka dari waktu ke waktu.