<p>Ilustrasi fitur baru Gmail yang bisa menghindari Anda berbagi informasi rahasia secara tidak sengaja</p>
Tekno

Makin Canggih! Google Tawarkan Perlindungan Pengguna Gmail dari Dark Web

  • Google baru-baru ini memperluas layanan monitoring dark web pada Gmail untuk semua pengguna Gmail di Amerika Serikat.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Google baru-baru ini memperluas layanan monitoring dark web pada Gmail untuk semua pengguna Gmail di Amerika Serikat. Sebelumnya, hanya pelanggan Google One di Amerika serikat yang memiliki akses ke lapisan keamanan ekstra ini.

Langkah terobosan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan online pengguna Gmail dengan memberi tahu mereka jika alamat email pengguna telah disusupi di dark web.

Dark web sendiri adalah suatu bagian internet tersembunyi yang tidak dapat diakses oleh mesin pencari biasa. Dark web hanya bisa diakses melalui saluran perangkat lunak khusus contohnya seperti browser Tor.

Sementara itu dark web sering dikaitkan dengan aktivitas ilegal, namun bisa juga digunakan untuk tujuan yang sah. Misalnya, badan intelijen Amerika Serikat menggunakan dark web untuk fitur anonimitas dan keamanannya.

Namun, adanya dark web ini ternyata sering dieksploitasi oleh penjahat dunia maya untuk membeli dan menjual data yang dicuri seperti informasi identitas pribadi, kredensial login, data keuangan, dan informasi rahasia perusahaan.

Cara Kerja Monitoring Gmail dari Dark Web

Fitur pemantauan dark web pada akun Gmail ini akan membantu pengguna tetap waspada dengan data. Misalnya, jika alamat Gmail Anda ditemukan di dark web, Anda akan mengetahui bahwa Anda terkena efek pelanggaran data. Selanjutnya, Anda dapat menyelidiki apakah ada aktivitas tidak sah atau tidak dikenal yang melibatkan akun Gmail Anda.