Pencipta ChatGPT Sam Altman Raih Golden Visa Pertama di Indonesia, Apa Saja Keuntungannya?
Tekno

Makin Canggih, OpenAI Izinkan Semua Orang Buat ChatGPT Sendiri

  • OpenAI, perusahaan pencipta ChatGPT dilaporkan akan memperkenalkan alat GPT Builder baru. Alat GPT Builder ini diklaim memudahkan pengguna untuk membuat, memodifikasi, dan berbagi chatbot AI.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - OpenAI, perusahaan pencipta ChatGPT dilaporkan akan memperkenalkan alat GPT Builder baru. Alat GPT Builder ini diklaim memudahkan pengguna untuk membuat, memodifikasi, dan berbagi chatbot AI.

Seperti yang telah Anda ketahui, ChatGPT baru saja memulai debutnya pada November 2022 lalu. Akan tetapi, kepopulerannya langsung meroket dan menuai sensasi karena kemampuannya untuk menghasilkan konten dalam waktu sekejap.

Sejak saat itu, aplikasi ChatGPT dirilis dan berkembang pesat, dengan kemampuan menawarkan berbagai model bahkan terdapat layanan berlangganan yang disebut ChatGPT Plus. Tidak hanya itu, baru-baru ini kemampuan ChatGPT juga semakin canggih di mana memperkenalkan fungsi untuk mengunggah file PDF dan format file lainnya serta memberikan kemudahan peralihan alat secara otomatis pada platform tersebut. Bocoran baru-baru ini ChatGPT akan memudahkan pengguna untuk segera membuat chatbot sendiri. 

GPT Builder, Alat Pembuat ChatGPT untuk Pengguna

Seperti laporan dari The Decoder yang dilansir Trenasia dari HT Tech pada Selasa, 7 November 2023, pengguna X Choi membagikan daftar bocoran fitur yang kabarnya diumumkan oleh Open AI pada Developer Conference yang diadakan pada 6 November 2023.

Salah satu fitur yang paling menonjol yang ditawarkan ChatGPT adalah GPT Builder. Sebelum ini, fitur tersebut lebih dikenal sebagai Magic Maker, sedangkan GPT Builder kabarnya memungkinkan Anda untuk membuat chatbot AI sendiri lengkap dengan antarmuka yang interaktif.

Melalui GPT Builder, Anda dapat mengatur bahasa, tone, dan gaya penulisan pada ChatGPT yang Anda buat. Setelah berhasil dibuat, Anda dapat menguji chatbot dan mengubah perilakunya melalui percakapan. Tidak hanya itu, fitur GPT Builder ini juga memungkinkan Anda untuk menerapkan dan berbagi chatbot. Fitur GPT Builder juga dapat digunakan untuk menghasilkan foto profil untuk chatbot AI dengan memanfaatkan teknologi DALL.E.

Fitur Selain GPT Builder yang Disediakan OpenAI

GPT Builder ternyata hanyalah salah satu fitur yang diumumkan oleh OpenAI. Fitur lain yang dibocorkan yaitu alat yang disebut Gizmon yang memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak hal menggunakan chatbot AI.

Gizmo akan memudahkan pengguna untuk mengimpor, memodifikasi, dan menguji chatbot yang ada. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan Anda untuk menentukan tindakan khusus pada chatbot yang Anda buat menggunakan spesifikasi OpenAPI.

Tidak hanya itu, dilaporkan juga OpenAI akan menyediakan seperangkat alat atau tools yang memudahkan pengguna membuat gambar, menjelajah website, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda bahkan dapat menyimpan chatbot yang Anda buat sebagai draft, mempublikasikannya, serta membagikannya usai chatbot berhasil dibuat.