Karyawati menunjukkan emas batangan 24 Karat di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Selasa, 13 September 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Pasar Modal

Makin Cuan, Berikut Tips Investasi Emas untuk Pemula

  • Emas menjadi benda yang paling banyak dipilih sebagai investasi.

Pasar Modal

Rizky C. Septania

JAKARTA- Emas menjadi benda yang paling banyak dipilih sebagai investasi. Meski dikatakan menguntungkan, nyatanya investasi emas tak bisa dilakukan sembarangan.

Bagi pemula, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar investasi emas lebih aman dan menguntungkan. Sebab jika dilakukan salah, investasi tersebut justru bisa menimbulkan kerugian.

Mengutip berbagai sumber, berikut tips investasi emas yang harus diperhatikan pemula.

1. Tentukan Tujuan Investasi

Saat melakukan investasi, setiap orang pasti memiliki tujuannya masing-masing. Hal tersebut berlaku juga untuk investasi emas.

Sebelum kamu memulai untuk berinvestasi, cobalah bertanya pada diri Anda apa tujuan dari investasi yang Anda lakukan.

Sebagai contoh, Anda bisa menetapkan tujuan bahwa 10 tahun dari sekarang akan membeli rumah secara cash, pensiun dini, atau bebas secara finansial.

Setelah tahu apa tujuannya Anda harus lebih konsisten dalam membeli emas dengan besaran tertentu sesuai kemampuan.

2. Pastikan Membeli di Tempat yang Tepat

Berinvestasi emas akan bisa terlaksana saat kamu membelinya di tempat terpercaya. Cek dahulu rekam jejak tempat kamu ingin membeli emas. Pastikan tempat tersebut memiliki status.

Sama halnya dengan investasi lain, saat ini juga banyak penipuan yang menyerang para pembeli emas.Karenanya, Anda harus lebih hati-hati ketika ada pihak yang menawarkan pembelian emas dengan proses cepat.

3. Tentukan Jumlah Investasi

Tips investasi emas selanjutnya adalah menentukan jumlah uang yang harus dikeluarkan. Setelah mengetahui apa tujuan berinvestasi, tentunya Anda sudah memperhitungkan berapa yang harus dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Contohnya, ketika Anda ingin berinvestasi emas untuk membeli rumah secara tunai 10 tahun lagi, Anda bisa mengestimasinya berapa inflasi setiap tahun dari industri properti. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui nilai yang harus dicapai 10 tahun mendatang.

4. Pantau dan Cek Harga Emas Secara Berkala

Tips investasi emas lainnya harus Anda ikuti selanjutnya adalah mengecek harga emas batangan di pasaran.

Saat ini, mudah sekali mencari informasi ini tentang investasi emas. Anda bisa menemukannya di internet karena banyaknya situs yang menampilkannya.

Tak hanya itu, saat ini, banyak toko emas secara digital yang bisa Anda cek berkala melalui smartphone.

Belilah emas saat harga dipasaran sedang turun. Dengan demikian, Andabisa membeli instrumen investasi dengan modal seminimal mungkin dengan harapan di masa depan kamu mendapatkan hasil yang lebih besar.