<p>CEO Asuransi Sompo, Eric Nemitz  dan Chief Wholesale Banking Officer Bank Muamalat Irvan Yulian Noor/ Sumber: Bank Muamalat</p>
Industri

Makin Diminati, Asuransi Sompo Gandeng Bank Muamalat Perkuat Layanan Syariah

  • PT Sompo Insurance Indonesia (Asuransi Sompo) menggandeng PT Bank Muamalat Indonesia Tbk untuk memperkuat layanan.

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Di tengah makin bergeliatnya industri syariah termasuk di sektor keuangan, PT Sompo Insurance Indonesia (Asuransi Sompo) menggandeng PT Bank Muamalat Indonesia Tbk untuk memperkuat layanan.

Melalui kerja sama ini, aset yang dijaminkan oleh nasabah ke Bank Muamalat untuk pinjaman pembiayaan ritel maupun korporasi dapat terasuransikan. Nasabah Bank Muamalat juga mendapatkan akses pada keahlian Asuransi Sompo dalam mengelola dan memitigasi risiko.

“Kerja sama ini juga bertujuan mengembangkan literasi keuangan syariah di tingkat ritel maupun korporasi, serta mendukung terciptanya perekonomian syariah yang kokoh dan berkelanjutan,” kata CEO Asuransi Sompo Eric Nemitz dalam keterangan resmi, Rabu 8 Juni 2021.

Di samping itu, kerja sama ini membuat nasabah Bank Muamalat lebih aman dan nyaman dalam memastikan bisnis mereka secara syariah.

“Kami juga berkomitmen menghadirkan layanan produk bancassurance yang dapat memberikan nilai tambah bagi nasabah Bank Muamalat Indonesia. Sejalan dengan itu, fee based income kami juga akan ikut meningkat dengan adanya transaksi pembayaran tersebut,” terang Chief Wholesale Banking Officer Bank Muamalat Irvan Yulian Noor.

Kerja sama ini terbentuk juga sebagai respons terhadap tingginya minat bisnis berbasis syariah dari pengusaha Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pertumbuhan aset keuangan syariah yang signifikan dalam setahun terakhir.

Total aset keuangan syariah Indonesia (tidak termasuk saham syariah) mencapai Rp1,82 triliun per Januari 2021, tumbuh 24,54% dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan aset keuangan Syariah tersebut tertinggi dalam tiga tahun terakhir sejak 2018. (LRD)