<p>Mobil buatan Vietnam, VinFast. / Twitter @VinFastOfficial</p>
Transportasi dan Logistik

Makin Ekspansif, Mobil Listrik Vietnam Bangun Belasan Diler Baru di AS

  • Dengan peningkatan jumlah diler-diler baru ini, VinFast akan menawarkan model terbaru mereka, termasuk VinFast VF 8, VF 9, dan VF 7.
Transportasi dan Logistik
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - VinFast, produsen mobil asal Vietnam semakin agresif dalam melaksanakan ekspansi globalnya.

Perusahaan mengumumkan langkah besar dalam memperluas jangkauan mereka di pasar Amerika Serikat dengan menjalin kemitraan dengan 12 diler yang akan menjual produk mobil di AS.  Diler tersebut diharapkan dapat mulai beroperasi setidaknya pada bulan Mei 2024.

Dengan penambahan 12 diler baru ini, jumlah total diler VinFast di AS akan meningkat menjadi 18 diler, dan tersebar di tujuh negara bagian yang berbeda yaitu North Carolina, New York, Texas, Florida, Kansas, Connecticut, dan Kentucky..

Langkah ekspansi ini menandai ambisi VinFast untuk memperkuat kehadiran merek mereka di salah satu pasar mobil terbesar di dunia.

Sebelumnya VinFast beralih dari model penjualan dengan skema distribusi langsung ke konsumen berganti dengan model skema kerjasama pembangunan jaringan diler.

“Dengan memanfaatkan jaringan toko, pengalaman pasar, dan kemampuan dilerdi AS, VinFast akan dengan cepat menghadirkan kendaraan listrik berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif kepada konsumen," terang Wakil Presiden Penjualan dan Pemasaran VinFast AS, David Duncan, dikutip Antara, Kamis, 25 April 2024.

Hal tersebut merupakan strategi yang diharapkan akan meningkatkan penjualan perusahaan, terutama di paruh kedua tahun 2024.

Dengan peningkatan jumlah diler-diler baru ini, VinFast akan menawarkan model terbaru mereka, termasuk VinFast VF 8, VF 9, dan VF 7. 

VinFast selama ini dikenal karena menawarkan kendaraan listrik berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif, serta kebijakan purna jual yang menarik, termasuk garansi panjang untuk mobil dan baterai listrik.

Langkah ekspansi ini juga sejalan dengan rencana VinFast untuk memperkenalkan lebih banyak model kendaraan listrik di masa depan, hal tersebut mencerminkan ambisi perusahaan untuk menjadi pemimpin industri kendaraan listrik skala global. 

Penjualan Vinfast

Pada bulan November 2022, VinFast mulai mengirimkan produk mobil listriknya model VF 8 ke Amerika Serikat, pengiriman ini merupakan penjualan perdana produk mereka di pasar AS. 

Di Vietnam, meskipun perusahaan menargetkan penjualan sebanyak 40.000 unit mobil pada tahun 2023, pencapaian aktualnya tidak dipublikasikan secara rinci, meskipun tercatat meleset dari target yang ditetapkan. 

VinFast juga diprediksi akan menjual total 150.000 unit mobil listirik di seluruh dunia pada tahun 2024.