Photo by Julia M Cameron: https://www.pexels.com/photo/boy-in-yellow-crew-neck-t-shirt-sitting-on-chair-4144099/
Gaya Hidup

Makin Hari Makin Fantastis, Berikut Cara Investasi Biaya Pendidikan Anak

  • Sudah bukan rahasia lagi jika biaya pendidikan di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup tinggi yaitu sekitar 10 - 15% per tahun.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang bisa membentuk masa depan anak menjadi lebih baik, sehingga tak jarang para orang tua kerap merencanakan pendidikan anak sematang mungkin. 

Banyak orang merasa kualitas pendidikan berbanding lurus dengan biaya sekolah sehingga tak sedikit dari orang tua yang berencana untuk menyekolahkan anak mereka di sekolah berkualitas baik dengan biaya yang fantastis.  

Sudah bukan rahasia lagi jika biaya pendidikan di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup tinggi yaitu sekitar 10 - 15% per tahun. Lalu apa kira-kira kiat yang dapat  dilakukan oleh orang tua agar anak dapat mengenyam pendidikan berkualitas?

Cara Investasi Biaya Pendidikan Anak 

1. Rencanakan dengan Matang 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencari tahu berapa banyak uang yang Anda perlukan sehingga tujuan investasi Anda bisa lebih jelas. 

Hasilnya tentu bukan angka yang sedikit, namun tak perlu merasa khawatir dan terintimidasi ketika melihat nomornya. Yakini dengan berinvestasi pada instrumen dan jumlah yang tepat secara teratur, Anda dapat mewujudkan impian ini. 

2.  Sisihkan Uang Secara Konsisten 

Besaran angka yang Anda temukan dari proses perencanaan mungkin membuat Anda khawatir, namun posisi Anda akan lebih aman jika usia anak Anda masih kecil. Karena artinya, Anda masih memiliki cukup banyak waktu untuk mulai menyisihkan dana secara konsisten.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan secara konsisten menyisihkan uang. Langkah ini dapat mendekatkan Anda kepada tujuan keuangan seperti mengisi air di ember dengan tetes per tetes. 

3. Buat Rencana Tambahan Penghasilan 

Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin akan menemukan uang lebih dalam anggaran Anda. Uang ini dapat Anda alokasikan untuk meningkatkan tabungan dana pendidikan anak. 

Seiring tambah usianya anak, Anda sudah tidak harus mengeluarkan uang untuk biaya penitipan Anak, jadi alokasikan biaya ini pada dana tabungan pendidikan. Anda harus ketat dalam pengalokasian ini, karena jika tidak, Anda mungkin akan kehilangan kontrol dan menggunakan uang Anda untuk biaya lain yang tidak penting. 

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai cara investasi biaya pendidikan anak. Semoga bermanfaat!