Makin Manjakan Pengguna, Instagram Uji Fitur Carousel Kolaboratif di Feeds
Tekno

Makin Manjakan Pengguna, Instagram Uji Fitur Carousel Kolaboratif di Feeds

  • Instagram mungkin akan segera menyediakan fitur kolaboratif baru, karena diketahui Instagram sudah mulai menguji postingan carousel di Feeds.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Instagram mungkin akan segera menyediakan fitur kolaboratif baru, karena diketahui Instagram sudah mulai menguji postingan carousel di Feeds di mana teman pengguna dapat menambahkan gambar dan video.

Perlu diketahui bahwa Instagram tampaknya telah berfokus pada fitur kolaboratifnya baru-baru ini. Hal itu diketahui di mana fitur pertamanya yaitu Remix on Reels, fitur yang memudahkan pengguna untuk bereaksi terhadap Reels dan menambahkannya hanya dengan mengklik tombol tertentu. Meski begitu, tampaknya, fitur Remix on Reels ini juga mirip dengan fitur yang ditawarkan oleh TikTok.

Kemudian, Instagram menambahkan Collab Posts, di mana satu postingan dapat muncul di akun yang berbeda. Sekarang, lebih jauh lagi Instagram sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengikut pengguna menambahkan foto dan video ke carousel.

Fitur tersebut diungkapkan oleh CEO Instagram, Adam Mosseri di Instagram Broadcast dan Threads. Adam Mosseri mengatakan bahwa terdapat tes baru di Instagram dan pihaknya baru saja mulai menguji cara baru untuk mengundang teman pengguna agar bergabung di postingan feeds pengguna.

Sebelum pengguna mempublikasikan postingan Carousel, pengguna dapat mengaktifkan kemampuan pada pengikut atau followers pengguna untuk mengirim foto dan atau video yang dapat disetujui untuk muncul atau ditambahkan ke postingan pengguna.

Instagram Uji Fitur Collaborative Carousel

Instagram uji fitur collaborative carousel

Dari postingan yang dibagikan oleh Adam Mosseri tersebut, tampaknya followers tidak dapat menambahkan ke postingan secara default. Hal ini karena followers harus mengajukan permintaan lalu disetujui oleh pengguna, setelah permintaan untuk mengirimkan gambar atau video telah dikirim.

Dalam gambar atau foto yang dibagikan oleh Adam Mosseri dari Broadcast-nya, terlihat tombol atau action button ‘Add to Post’ yang mengonfirmasi bahwa fitur ini akan segera dirilis.

Meski begitu, belum dapat dipastikan apakah postingan carousel di Instagram akan ditingkatkan dari jumlah maksimal 10 postingan saat ini. Namun, mengingat fakta bahwa sebuah postingan kini bisa memiliki banyak kolaborator, masuk akal jika suatu saat Instagram akan menambah jumlah maksimal postingan. 

Selain itu, ide atau gebrakan baru dari Instagram ini cukup menarik untuk melihat apakah setiap postingan secara terpisah dapat menunjukkan siapa kolaboratornya yang menambahkan ke postingan carousel tersebut kepada pengguna lain, atau apakah nama mereka ditambahkan ke postingan, seperti layaknya Collab Posts.