Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh
Dunia

Makin Mesra dengan Vietnam, AS Bantah Picu 'Perang Dingin' dengan China

  • Vietnam dan Amerika Serikat meningkatkan hubungan mereka ke status diplomatik tertinggi selama kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Hanoi akhir pekan lalu.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Langkah Amerika Serikat (AS) untuk meningkatkan hubungan dengan Hanoi diklaim bukan langkah “Perang Dingin” melawan China. Hal itu disampaikan seorang pejabat Dewan Keamanan Nasional AS, Rabu 13 September 2023 waktu setempat.

“Ide bahwa ini dalam bentuk apa pun adalah langkah Perang Dingin, dan juga ide bahwa pembukaan diplomatis ini adalah upaya untuk memilih antara Vietnam dan China, karena menurut saya bukan salah satu dari hal-hal itu,” kata Direktur Dewan Keamanan Nasional untuk Indo-Pasifik Mira Rapp-Hooper dalam sebuah konferensi berita digital.

Dilansir dari Reuters, Rabu 13 Sepember 2023, Vietnam dan Amerika Serikat meningkatkan hubungan mereka ke status diplomatik tertinggi selama kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Hanoi akhir pekan lalu.

Pada hari Senin 11 September 2023, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning mengajak Amerika Serikat "mengabaikan hegemoni dan pemikiran Perang Dingin” dalam tanggapannya terhadap peningkatan hubungan Vietnam-AS.

“Kami menuntut Amerika Serikat, ketika berurusan dengan hubungan dengan negara-negara Asia, harus menghormati aspirasi bersama negara-negara regional untuk stabilitas, kerja sama, dan pembangunan, serta mematuhi norma-norma dasar hubungan internasional,” ujar Ning.

Rapp-Hooper menyatakan kemitraan yang ditingkatkan dengan Vietnam adalah kemitraan yang dinamis, terbuka, dan inklusif yang dimaksudkan untuk mendukung Vietnam dan aspirasinya dalam bidang teknologi, ekonomi, dan pembangunan. “Hubungan ini bukanlah tentang pihak lain,” katanya.

“Ini tentang kedua negara kita dan nilai intrinsik yang dimiliki hubungan ini dalam hal kemakmuran bersama, keamanan bersama, serta kepentingan bersama kita dalam Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, serta Laut China Selatan yang bebas dan terbuka.”

Amerika Serikat dan China adalah mitra perdagangan terbesar Vietnam. Vietnam dan China telah terlibat dalam sengketa selama bertahun-tahun mengenai bentang perairan yang potensial kaya akan energi, yang oleh Vietnam disebut sebagai Laut Timur.