Interior kereta ekonomi new generation
Transportasi dan Logistik

Makin Nyaman, KA Ekonomi Gaya Baru Malam Selatan Kini Gunakan Rangkaian New Generation

  • Pada tahun 2024 KAI berencana memodifikasi sebanyak 60 kereta ekonomi jenis kursi panjang diganti menggunakan Generasi Baru, dengan tujuan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan modern kepada penumpang.

Transportasi dan Logistik

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai 14 Maret 2024, meresmikan pengoperasian Kereta Ekonomi Generasi Baru pada layanan KA Gaya Baru Malam Selatan, rute Pasar Senen - Surabaya Gubeng. 

Inovasi ini menandai langkah serius PT KAI dalam meningkatkan kualitas perjalanan kereta api dengan menyajikan fitur-fitur unggul yang dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih nyaman bagi penumpang.

“Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini adalah sebagai wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, sehingga tetap relevan dengan perkembangan zaman,” ungkap VP Public Relations KAI, Joni Martinus, dilansir Kamis, 14 Februari 2024.

Pada tahun 2024 KAI berencana memodifikasi sebanyak 60 kereta ekonomi jenis kursi panjang diganti menggunakan Generasi Baru, dengan tujuan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan modern kepada penumpang.

Selain itu pada tahun 2025, PT KAI berkomitmen untuk memodifikasi 52 kereta ekonomi tambahan.  KAI sepertinya berfokus pada peningkatan kualitas layanan secara bertahap, memastikan bahwa semua penumpang dapat menikmati fasilitas yang diperbarui dan peningkatan kenyamanan.

Selain perubahan pada fasilitas, PT KAI juga menaruh perhatian khusus pada jadwal perjalanan optimal. Jadwal perjalanan KA Gaya Baru Malam Selatan, Rute Pasar Senen - Surabaya Gubeng dan sebaliknya direncanakan dengan cermat, dimulai dari keberangkatan pukul 11.00 WIB dan tiba pukul 00.13 WIB.

Serta keberangkatan dari Surabaya Gubeng pukul 12.00 WIB dan tiba pukul 01.23 WIB. Jadwal ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan ketepatan waktu kepada penumpang, memastikan perjalanan mereka berlangsung sesuai harapan.

Dengan transformasi signifikan ini, PT KAI berharap dapat mengundang lebih banyak orang untuk memilih kereta api sebagai sarana transportasi utama. 

"KAI akan terus memperbanyak modifikasi kereta sehingga semakin banyak sarana kereta api yang ditingkatkan kenyamanannya. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” tambah Joni

Dengan menawarkan pengalaman perjalanan yang semakin nyaman dan modern, langkah ini diharapkan dapat menciptakan dampak positif yang besar pada peningkatan penggunaan kereta api di seluruh Indonesia. 

Berikut adalah beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh Kereta Ekonomi Generasi Baru PT KAI:

Kapasitas Kursi Lebih Sedikit untuk Ruang Kaki yang Lebih Luas

Dengan hanya 72 kursi, kereta ini menghadirkan ruang kaki yang lebih luas untuk memberikan kenyamanan ekstra kepada penumpang.

Kursi Model Captain Seat

Kursi yang dapat direbahkan dan diputar ini tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga menawarkan pengalaman perjalanan yang lebih fleksibel.

Sistem Tampilan Informasi Publik (PIDS)

Penumpang dapat dengan mudah mengakses informasi seperti jam dan suhu perjalanan melalui sistem tampilan yang modern.

Interior yang Lebih Cerah dan Mirip Kereta Eksekutif

Desain interior yang cerah memberikan atmosfer yang menyenangkan dan mirip dengan suasana kereta eksekutif.

Toilet Duduk yang Lebih Mewah

Fasilitas toilet yang ditingkatkan menambahkan sentuhan kemewahan pada perjalanan kereta ini.