Makna dan Filosofi Dibalik Logo Baru GOJEK
Nasional & Dunia

Makna dan Filosofi Dibalik Logo Baru GOJEK

  • PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (GOJEK) mengganti logo pada awal pekan ini. Startup ride-hailing asal Indonesia ini memperkenalkan logo barunya yang diberi nama “Solv”. Nama tersebut diambil dari Bahasa Inggris solve yang berarti memecahkan masalah. Solv tampil dengan lingkaran tidak sempurna dan titik (dot) pada bagian tengahnya. Sementara tulisan “GOJEK” menggunakan huruf kecil tanpa tanda […]

Nasional & Dunia

Fatma Kumala

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (GOJEK) mengganti logo pada awal pekan ini. Startup ride-hailing asal Indonesia ini memperkenalkan logo barunya yang diberi nama “Solv”.

Nama tersebut diambil dari Bahasa Inggris solve yang berarti memecahkan masalah. Solv tampil dengan lingkaran tidak sempurna dan titik (dot) pada bagian tengahnya.

Sementara tulisan “GOJEK” menggunakan huruf kecil tanpa tanda hubung. Secara keseluruhan logo baru GOJEK tetap mempertahankan warna dasar hijau.

Desain baru GOJEK cukup unik dan mudah diingat oleh pengguna. Logo tersebut juga lebih fleksibel disbanding logo sebelumnya.

Solv menyimpan filosofi di balik kesan yang ditimbulkan ketika melihatnya. Sebagian orang menangkap kesan logo tersebut berbentuk tombol daya atau power. Hal ini sejalan dengan misi GOJEK memberdayakan masyarakat (empowering).

Sebagian lagi akan melihat logo ini serupa ikon kaca pembesar yang umumnya digunakan dalam fungsi pencarian (search). Hal ini juga sejalan dengan GOJEK dalam memenuhi kebutuhan yang banyak dicari masyarakat, mulai dari transportasi hingga makanan.

Logo tersebut juga menjadi representasi dari mitra pengemudi (driver) GOJEK yang setia melayani pengguna. Jika dilihat dari atas, gambar titik (dot) merepresentasikan sang driver dan lingkaran yang mengelilinginya merupakan kendaraan driver tersebut. “Solv” menjadi simbol yang mengingatkan kita kalau GOJEK punya berbagai solusi untuk setiap situasi.

Untuk bisa melihat informasi selengkapnya, silakan kunjungi chanel youtube Trenasia.