Gedung Menara Bank Mandiri di kawasan Sudirman, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Industri

Mandiri Sekuritas Kuasai 15,3 Persen Pasar Penjaminan Emisi Obligasi di Indonesia

  • PT Bank Mandiri Sekuritas tercatat menjadi pemain besar dalam bisnis efek di Indoensia.
Industri
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA - PT Bank Mandiri Sekuritas tercatat menjadi pemain besar dalam bisnis efek di Indoensia. Anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) tersebut rupanya menguasai 15,3% market share penjaminan emisi obligsai di Indonesia. 

Direktur Utama (Dirut) Mandiri Sekuritas Oki Ramadhana mencatat nilai penjaminan di perseroan telah menyentuh Rp10,7 triliun pada 2020. Dirinya pun menyebut nilai emisi penjaminan ini berpotensi melesat seiring dengan pulihnya permintaan efek di korporasi dalam negeri

“Mandiri Sekuritas mendominasi pasar penjaminan emisi obligasi dengan market share 15,3% dan porsi penjaminan senilai Rp10,7 triliun pada 2020. Penerbitan obligasi tetap semarak di mana perusahaan sukses menyelesaikan 47 mandat, antara lain, Chandra Asri, Medco, Wijaya Karya, MTF, Sampoerna Agro, PNM, dan lain-lain,” papar Oki dalam keterangan tertulis, Jumat, 8 Oktober 2021.

Selain itu, Oki mengklaim Mandiri Sekuritas menjadi perusahaan efek terdepan dalam aspek equity underwriting, terbaik ke dua dalam penjaminan bond underwriting, equity trading, hingga perdagangan Surat Utang Negara (SUN).

“Tahun ini Mandiri Sekuritas berhasil menyelesaikan transaksi-transaksi landmark, seperti IPO (Initial Public Offering) Bukalapak dan Rights Issue Bank Rakyat Indonesia yang berhasil menghimpun Rp62 triliun dana investor, dan keduanya merupakan transaksi equity terbesar di Indonesia selama ini. Sementara untuk Advisory, Mandiri Sekuritas di tahun 2021 telah merampungkan beberapa proyek strategis, seperti restrukturisasi PTPN, konsolidasi perusahaan holding rumah sakit, hingga merger Pelindo,” ucap Oki.

Unit usaha Mandiri Group yang berdiri sejak 20 tahun lalu ini juga telah melebarkan sayapnya ke Singapura. Melalui anak usaha perusahaan anak Mandiri Sekuritas, Mandiri Securities Singapore, menjalankan peranan yang unik dalam memperluas jangkauan kami di luar Indonesia. 

Tidak kalah,  Mandiri Securities Singapore sukses menguasai pangsa pasar global bond sebesar 10% dan nilai porsi penjaminan USD2,3 miliar atau senilai Rp33,4 triliun pada 2020. Mandiri Securities Singapore berhasil menyelesaikan 16 penerbitan global bond, antara lain, Pemerintah Republik Indonesia, Pertamina, PLN, Medco, BSD, dan Indika Energy.

Sementara per 31 Agustus 2021, posisi Global Bond Underwriting Mandiri Sekuritas meningkat ke nomor 3 di League Table atau meningkat dari posii 4 pada 2020. Untuk periode yang sama, Mandiri Sekuritas telah sukses menyelesaikan sebanyak 46 mandat yang terdiri dari 22 IDR Bond, 8 Global Bond, 12 Advisory, 3 Right Issue, dan 1 Equity IPO.