Manfaat Tersembunyi dari Tanaman Kaktus untuk Kesehatan, Tidak Hanya Sebagai Hiasan!
Rumah & Keluarga

Manfaat Tersembunyi Kaktus untuk Kesehatan, Tidak Hanya Sebagai Hiasan!

  • Inilah penjelasan mengenai manfaat tanaman kaktus untuk kesehatan tubuh.
Rumah & Keluarga
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tanaman kaktus biasa digunakan sebagai tanaman hias di rumah. Hal ini karena tanaman kaktus memiliki bentuk yang indah dan menarik sekaligus mudah untuk dirawat.

Akan tetapi, kaktus terutama kaktus nopal atau kaktus pir berduri ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Hal ini karena tanaman tersebut memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi.

Tanaman yang memiliki nama latin Opuntia ficus atau Opuntia ficus-indica ini biasa dimanfaatkan bagian daun dan buahnya untuk dimakan. Orang-orang mengonsumsinya sebagai sayuran makanan dan sering muncul di restoran, toko kelontong, dan pasar petani di daerah Amerika Barat Daya dan Meksiko.

Masyarakat biasanya mengonsumsinya dengan menumis dan menambahkannya ke berbagai hidangan termasuk taco dan telur orak arik atau menyiapkannya sebagai lauk dengan tomat dan bawang bombay. Selain itu, tanaman kaktus berduri ini bisa diolah menjadi jus, selai, atau teh.

Manfaat Tanaman Kaktus

Tanaman kaktus nopal segar memiliki manfaat seperti menurunkan kadar gula darah, menyembuhkan luka, dan menurunkan kolesterol. Seperti yang dilansir Trenasia dari Medical News Today pada Senin, 9 Oktober 2023 hasil review tahun 2019, keluarga tanaman Opuntia dillenii menunjukkan tanaman tersebut memiliki banyak sifat antioksidan dan anti inflamasi.

Temuan lain dari penelitian menunjukkan bahwa tanaman kaktus nopal dapat meredakan nyeri, meningkatkan aktivitas kekebalan tubuh, dan melindungi hati. Selain itu, seperti kebanyakan buah dan sayuran, tanaman kaktus nopal dan pir berduri ini mengandung sejumlah serat yang bermanfaat untuk mengelola diabetes.

Makanan ini dapat menjadi bagian dari diet tinggi serat yang dapat menurunkan kadar gula darah, menurunkan kadar insulin, dan meningkatkan kadar lipid atau senyawa lemak dalam darah.

Risiko Alergi Akibat Tanaman Kaktus

Meski memiliki manfaat untuk kesehatan, ada beberapa kasus munculnya reaksi alergi atau sensitivitas akibat mengonsumsi buah kaktus. Reaksi yang muncul biasanya berupa ruam kulit, gatal-gatal, dan pembengkakan. Namun, jika seseorang mengalami kesulitan bernapas maka harus segera dibawa ke pusat layanan kesehatan. Hal ini bisa jadi terkena kasus anafilaksis, reaksi alergi yang parah dan mengancam nyawa.

Itu tadi penjelasan mengenai manfaat tanaman kaktus untuk kesehatan tubuh. Perlu diingat bahwa meski tanaman kaktus memiliki manfaat kesehatan, tanaman hias tersebut juga masih memiliki potensi alergi sehingga Anda tetap harus waspada saat mengonsumsi dan berhati-hati ketika mengolahnya.