Nasional

Manfaatkan 4 Posko Mudik yang Tersedia di Jalur Pansela, Cek Lokasinya!

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan jalur alternatif Pantai Selatan (Pansela) Jawa agar bisa digunakan saat mudik tahun ini.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan jalur alternatif Pantai Selatan (Pansela) Jawa agar bisa digunakan saat mudik Lebaran tahun ini.

Kementerian PUPR telah menyiapkan Posko Mudik Sapta Taruna termasuk di Jalan Pansela untuk wilayah Jawa Tengah (Jateng) - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai dukungan kelancaran mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Di Pansela wilayah Jateng - DIY telah disiapkan empat Posko Siaga Mudik Sapta Taruna. Lebih rinci, masing-masing dua posko di wilayah Jateng tepatnya di Jalan Daendels, Sawah, Depokrejo, Kabupaten Purworejo, dan ruas Giriwoyo - Glonggong KM 77 +550.

Kemudian, di DIY terdapat di ruas Tepus - Jerukwudel Kabupeten Gunung Kidul dan Ruas Samas - Girijati Kabupaten Bantul.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng - DIY Wida Nurfaida mengatakan, posko tersebut akan menyediakan informasi tentang Pansela, dan fasilitas untuk istirahat seperti toilet dan musala. Posko tersebut juga untuk antisipasi jika ada kejadian bencana yang siap berkoordinasi dengan posko kepolisian dan Kementerian Perhubungan.

"Sementara untuk keamanan kendaraan, sudah dicek kesiapan penerangan jalan umum (PJU) dari Jladri ke arah Yogyakarta," kata Wida Nurfaida dalam keterangan resmi, Minggu 24 April 2022.

Wida juga menambahkan, ada spot tertentu yang tidak ada PJU tapi pihaknya sudah memasang patok lalu lintas atau delineator pengamanan, guardrail/pagar pengaman jalan, dan stiker pantul (reflektor).

Selanjutnya, untuk pasokan BBM di Pansela, BBP JN Jateng - DIY Kementerian PUPR juga sudah mengecek ketersedian SPBU di Pansela. Tersedia empat SPBU yang besar dan beberapa SPBU mini. Sekaligus  sudah disurvei terdapat banyak tempat istirahat dan tempat kuliner serta wisata pantai di buka.

Secara umum, total panjang Pansela di Jateng-DIY ada 332,91 kilo meter (km) dan sampai September 2021 sudah dibangun 165,13 km di Jateng dan 92,81km di DIY. Saat ini masih tersisa di Jateng 47,4 km dan DIY 27,57 km, sehingga secara progres gabungan capai 80% sudah terbangun dan sementara sisanya ada yang masih dalam konstruksi.

"Meski masih ada sisa pekerjaan, ia memastikan tidak akan menjadi kendala bagi pemudik. Kalau ada yang belum tersambung kegiatannya sifatnya tidak buntu. Kami alihkan dan sambungkan dengan jalan nasional dan kabupaten," katanya.