Penyerahan penghargaan yang diwakili oleh Corporate Secretary TAPG, Joni Tjeng.
Korporasi

Manfaatkan Cangkang Sawit Triputra Agro Persada Raih TrenAsia ESG Award 2023

  • Perseroan telah membukukan kinerja berkelanjutan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.
Korporasi
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - Emiten yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan industri pengolahan kelapa sawit, PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG), 30 Agustus 2023 meraih penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan Agribusiness dengan predikat action.

Melansir dari situs resmi TAPG, perusahaan yang didirikan pada 2005 silam ini beroperasi di 23 lokasi perkebunan kelapa sawit dan satu perkebunan karet, memiliki 18 pabrik kelapa sawit, satu pabrik RSS (ribbed smoked sheet) dan empat kantor cabang perusahaan anak di Jambi dan Kalimantan. 

Melansir dari Laporan Keberlanjutan TAPG 2022, Perseroan telah membukukan kinerja berkelanjutan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada laporan tersebut, TAPG mencatatkan nilai ekonomi yang dihasilkan sebesar Rp9,34 miliar. Mengalami peningkatan dari tahun 2021 yang mencatatkan Rp6,27 miliar.

Pada kinerja lingkungan tahun 2022, Perseroan juga mencatatkan peningkatan dari tahun ke tahun pada penggunaan energi terbarukan. Konsumsi energi terbarukan cangkang sawit pada tahun 2022 tercatat mencapai 177.700 ton. Mengalami peningkatan sebanyak 21,4% dari tahun 2021 yang mencatatkan konsumsi 146.313 ton.

Selain itu konsumsi energi terbarukan fiber sawit juga mengalami peningkatan. Pada tahun 2022, tercatat konsumsi energi terbarukan fiber sawit sebanyak 398.928 ton. Mengalami peningkatan namun tidak signifikan dari tahun 2021 yang mencatatkan konsumsi sebanyak 326.029 ton.

Perseroan juga menunjukkan kepeduliannya pada alam dengan mengalokasikan area seluas kurang lebih 13.689 Ha untuk areal konservasi.

Chief Executive Officer (CEO) PT Tren Media Berjejaring Sukirno mengatakan penghargaan ini diberikan untuk perusahaan-perusahaan yang berkomitmen menjalankan prinsip bisnis lingkungan, sosial, dan tata kelola (environment, social, and governance/ESG).

"Selamat untuk Triputra Agro Persada yang meraih TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan agribusiness. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi dan contoh untuk perusahaan-perusahaan lain di Indonesia," ujarnya sesaat setelah memberikan penghargaan kepada para pemenang di Raffles Jakarta Hotel, Rabu, 30 Agustus 2023.

Penghargaan diberikan oleh Direktur TMB, Ashari Purwo, kepada Corporate Secretary TAPG, Joni Tjeng. Sementara itu, Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Award Mas Achmad Daniri mengungkapkan Aspek Environment, Social, dan Governance (ESG) telah menjadi topik yang sangat penting di berbagai kalangan, baik pelaku usaha, pemerintah, maupun investor. Bukan hanya di tingkat global, kesadaran masyarakat Indonesia akan ESG ini semakin tajam.

Daniri meyakini bahwa dengan praktik ESG, perusahaan bukan hanya bisa mengejar laba dan imbal hasil besar, tapi fokus bagaimana keuntungan tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Hal ini pun terbukti dari perusahaan-perusahaan yang telah mengedepankan ESG, lebih tahan banting dan mampu memberikan hasil investasi yang berkelanjutan.

“Perusahaan dinilai bukan hanya berdasarkan kinerja keuangan dan program-program tahunan, namun komitmen dan konsistensinya terhadap bisnis berkelanjutan. Dalam proses penilaian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award menemukan banyak fakta menarik dari beragam inisiatif dan implementasi ESG yang telah dilakukan perusahaan, baik dalam laporan maupun fakta di lapangan,” ujar Daniri.

Menurut Daniri, komitmen TrenAsia untuk melakukan penilaian secara komprehensif dan independen dalam TrenAsia ESG Award ini tercermin dari prosesnya yang melibatkan para pakar di bidangnya.

TrenAsia ESG Award 2023

TrenAsia ESG Award 2023 merupakan komitmen TrenAsia.com di bawah naungan Tren Media Berjejaring yang merupakan media online dengan fokus terhadap pemberitaan pada berita ekonomi, bisnis dan investasi. Ajang ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen perusahaan di Indonesia dalam mengelola lini bisnisnya berbasis ESG.

TrenAsia ESG Award 2023 telah menyaring lebih dari 115 perusahaan di 29 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari Juni hingga Agustus 2023, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021 dan 2022.

Adapun tim dewan juri TrenAsia ESG Award 2023 terdiri dari Shinta Widjaja Kamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Wakil Ketua Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia; Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG); Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility; dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.