ela elo.png
Nasional

Manfaatkan Momentum Pemblokiran X, Elaelo berhasil Viral Jalur Hoax

  • Aplikasi Elaelo.id awalnya menampilkan logo Garuda Pancasila dan tulisan "Under Construction by Kominfo" di laman depannya. Namun, setelah viral, tulisan tersebut berubah menjadi "Sedang Dibangun oleh Pejuang Demokrasi".

Nasional

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA – Aplikasi Elaelo.id tengah menuai kontroversi setelah adminnya, yang menggunakan nama Iron Dome #Hmei ketahuan memanipulasi banyak data.

Aplikasi Elaelo.id awalnya menampilkan logo Garuda Pancasila dan tulisan "Under Construction by Kominfo" di laman depannya. Namun, setelah viral, tulisan tersebut berubah menjadi "Sedang Dibangun oleh Pejuang Demokrasi". 

Hal ini menimbulkan polemik karena perubahan ini secara jelas menipu publik, menciptakan kesan bahwa aplikasi ini memiliki dukungan dari lembaga pemerintah atau kelompok yang memiliki kredibilitas tinggi. Manipulasi semacam ini tidak hanya menyesatkan, tetapi juga merusak integritas informasi yang beredar di masyarakat.

"Bukan dari (Kementerian) Kominfo," terang Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, dilansir dari Antara, Kamis, 20 Juni 2024.

Lebih jauh lagi, admin Elaelo.id diduga memanipulasi konten berita dari berbagai portal berita agar seolah-olah Kominfo merekomendasikan Elaelo sebagai pengganti aplikasi yang diblokir.

Tindakan ini semakin meningkatkan kecurigaan terhadap motif di balik pencatutan nama instansi pemeritah oleh aplikasi tersebut.

Kekhawatiran muncul seiring dengan potensi penyalahgunaan data pribadi pengguna, mengingat platform ini belum memberikan transparansi yang memadai mengenai kebijakan privasi dan langkah-langkah pengamanan data. 

Keamanan data pengguna menjadi aspek krusial, mengingat platform ini belum menunjukkan komitmen untuk melindungi informasi pribadi dengan standar yang tinggi.

Selain itu, identitas pencipta dan pengelola Elaelo masih sangat tidak jelas, informasi mengenai sumber pendanaan serta tujuan platform ini menimbulkan berbagai spekulasi dan kecurigaan. 

Ketua Komtap Cyber Security Awareness Aptiknas, Bambang Haryanto,  menegaskan bahwa klaim tersebut elaelo tidak benar dan berpotensi menyesatkan masyarakat.

"Situs elaelo.id menampilkan logo Garuda Pancasila dan menampilkan tulisan 'Under Construction by Kominfo'. Hal ini memberikan kesan seakan-akan elaelo adalah aplikasi yang didukung atau dibangun oleh Kominfo. Hal ini jelas menyesatkan, karena Kominfo sendiri tidak pernah menginformasikan adanya aplikasi pengganti X di bawah Kominfo bernama elaelo," ujar Bambang dilansir Antara.

Bambang mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam mengakses platform Elaelo.id, serta memastikan informasi yang diterima berasal dari sumber yang terpercaya. 

Bambang  juga mengimbau publik untuk waspada dan tidak mudah percaya pada klaim yang tidak diverifikasi.