<p>Kawasan superblok Ciputra World milik Grup Ciputra. / Ciputraworldjakarta.com</p>
Korporasi

Manfaatkan Perpanjangan Insentif PPN, Ciputra Kejar Konstruksi hingga Desember

  • Perpanjangan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) properti membuat beberapa pengembang berencana mengejar konstruksi agar dapat selesai di ujung masa insentif pada 31 Desember 2021. Salah satu pengembang tersebut adalah PT Ciputra Development Tbk (CTRA).

Korporasi
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Perpanjangan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) properti membuat beberapa pengembang berencana mengejar konstruksi agar dapat selesai di ujung masa insentif pada 31 Desember 2021. Salah satu pengembang tersebut adalah PT Ciputra Development Tbk (CTRA).

“Perpanjangan masa insentif PPN ke Desember dapat memberikan kesempatan untuk kita mengejar konstruksi,” ujar Direktur Ciputra Harun Hajadi ketika diwawancara TrenAsia.com, Kamis, 24 Juni 2021.

Mengejar konstruksi ini penting untuk memastikan rumah siap huni di masa akhir insentif PPN. PPN ini memang hanya berlaku bagi rumah siap huni. PPN ditanggung pemerintah (DTP) 100% untuk rumah di bawah Rp2 miliar dan 50% untuk rumah di atas Rp2 miliar hingga Rp5 miliar.

Harun mengungkapkan sebenarnya CTRA sendiri tidak terlalu banyak memiliki rumah siap huni. Katanya, sebagian besar rumah yang dijual CTRA berstatus inden.

“Maka memang komposisi penjualan yang datang dari insentif tidak terlalu banyak, akan tetapi dengan insentif itu juga membantu sentimen pasar,” tuturnya.

Sentimen pasar yang lebih baik ini pun tercermin dari hasil prapenjualan (marketing sales) CTRA yang dapat melonjak 89% secara tahunan (year-on-year/yoy). Hingga Mei 2021, CTRA sudah meraup Rp2,8 triliun dari marketing sales.

Besaran marketing sales tersebut juga berarti CTRA sudah memenuhi 47,7% dari targetnya tahun ini. CTRA menargetkan setidaknya perusahaan dapat meraih Rp5,87 triliun marketing sales tahun ini.

Harun pun mengapresiasi hadirnya insentif ini dan perpanjangannya. Menurutnya, perpanjangan ini dapat membantu Ciputra memenuhi target marketing sales tersebut.

“Pasti perpanjangan insentif PPN DTP membantu (industri) properti secara keseluruhan. Apalagi bagi proyek-proyek atau perusahaan yang mempunyai stok atau produk-produk yang bisa selesai jadi di bulan Desember, karena itu kan secara langsung menurunkan harga sebesar 5-10%,” ujarnya.

Penjualan Klaster Volga

Beberapa waktu lalu, CTRA juga sudah berhasil meraup Rp160 miliar lewat anak usahanya PT Ciputra Residence. Jumlah ini didapat dari penjualan klaster Volga di Kawasan Citra Sentul Raya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Marketing Director Ciputra Residence Yance Onggo mengatakan pihaknya telah menjual habis seluruh unit klaster Volga sebelum jadwal peluncuran. Pihaknya awalnya menjadwalkan peluncuran klaster ini pada 25 Juli 2021.

“Konsep dan desain layout rumah yang inovatif menjadi salah satu kunci sukses penjualan Cluster Volga yang habis terjual lebih cepat dari jadwal launching resmi,” ujarnya dalam siaran pers, dikutip Selasa, 22 Juni 2021.