<p>Alpha JWC Ventures mengumumkan seed funding bagi Mangkokku. Dok: Alpha JWC Ventures/Instagram.</p>
Industri

Mangkokku Milik Anak Jokowi Raih Pendanaan US$2 Juta

  • JAKARTA – Startup kuliner Mangkokku besutan anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, mendapatkan pendanaan pertama (seed funding) senilai US$2 juta dari Alpha JWC Ventures. Alpha JWC Ventures mengumumkan pendanaan tersebut lewat akun Instagramnya pada Selasa, 24 November 2020. Mangkokku ialah perusahaan rintisan (startup) kuliner yang menyediakan makanan dalam bentuk nasi dan lauk dalam […]

Industri
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

JAKARTA – Startup kuliner Mangkokku besutan anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, mendapatkan pendanaan pertama (seed funding) senilai US$2 juta dari Alpha JWC Ventures.

Alpha JWC Ventures mengumumkan pendanaan tersebut lewat akun Instagramnya pada Selasa, 24 November 2020.

Mangkokku ialah perusahaan rintisan (startup) kuliner yang menyediakan makanan dalam bentuk nasi dan lauk dalam mangkok (rice bowls) dengan harga terjangkau. Dalam akun Instagram Mangkok Ku Indonesia, harga makanan yang ditawarkan mulai dari 19.000 hingga Rp54.000.

“Mereka menyesuaikan konsep Jepang rice bowls untuk memenuhi selera orang Indonesia dan menggunakan bahan lokal,” tulis Alpha JWC Ventures.

Lewat pendanaan itu, Mangkokku berencana membuka 30 cabang hingga akhir 2020 dan 75 cabang hingga 2021.

Dikutip dari Antara, Mangkokku didirikan pada 2019 oleh juri Masterchef Indonesia Arnold Poernomo dan pengusaha kuliner Randy Kartadinata. Keduanya bekerja sama dengan dua anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep.

Dalam operasional sehari-hari perusahaan, Gibran dan Kaesang berperan sebagai penasihat, sementara Arnold mengepalai produksi dan inovasi kuliner. Adapun, Randy bertindak selaku chief executive Officer yang bertanggungjawab atas ekspansi dan bisnis Mangkokku.

Sebelum bertemu di Mangkokku, empat pendiri ini telah berhasil mendirikan dan membangun paling tidak 12 perusahaan kuliner di Indonesia dan Australia. Sebut saja, Gioi Jakarta dan Surabaya, KOI Dessert Bar Sydney, dan gerai martabak Markobar.

Mangkokku menawarkan hidangan dalam bentuk rice bowl atau nasi dengan lauk yang disajikan di dalam mangkuk. Meskipun konsep rice bowl berasal dari Jepang, Mangkokku menghadirkan cita rasa makanan khas Indonesia dan menggunakan bahan-bahan lokal.

Beberapa menu andalan Mangkokku yakni Endog with Burger Slice (nasi dengan telur dan daging burger) dan Sambal Korek Bawang Bone Marrow (nasi dengan sumsum dan sambal korek bawang).

Saat ini, Mangkokku memiliki 22 cabang di Jabodetabek dan akan segera dibuka di Surabaya. Tahun depan Mangkokku akan merambah ke luar konsep rice bowl, dimulai dengan minuman, makanan penutup, dan seri sambal kemasan.

Eko Kurniadi, Partner di Alpha JWC Ventures, mengatakan pihaknya melihat bisnis kuliner sebagai sektor yang dapat diuntungkan dari pendanaan ventura dan penggunaan teknologi.

“Mangkokku telah menunjukkan kinerja cemerlang bahkan saat pandemi. Hal ini membuktikan bahwa produk mereka telah diterima masyarakat dengan baik,” ujarnya.