Marcus Fernaldi Gideon.jpeg
Nasional

Mantan Pebulutangkis Marcus Fernaldi Gideon Punya Banyak Bisnis Menarik, Apa saja?

  • Hadiah yang didapat dari kejuaraan bulu tangkis dialirkan untuk investasi dengan membangun lima bisnis nya dengan beragam dan variatif.

Nasional

Prita Lyani Ayuninda

JAKARTA – Marcus Fernaldi Gideon, pemain ganda putra nomor satu dunia sejak 2017 hingga 2022 memutuskan pensiun dari karier bulu tangkis profesionalnya selama 25 tahun. Hal ini diumumkan langsung melalui akun Instagram resminya. 

“Pada hari ini tepat di usia 33 tahun, saya memutuskan untuk berhenti dari karier profesional badminton. Tidak terasa sudah 25 tahun tidak henti-hentinya saya berlatih dan bersaing di lapangan.” Ucap Marcus Gideon, dikutip dari akun Instagram nya, Sabtu, 9 Maret 2024.

Ia juga menunjukkan rasa syukurnya kepada Tuhan, yang dia anggap sangat penting selama perjuangannya sebagai seorang atlet.

“Dalam hidup ini tidak ada yang saya sesali, apa yang sudah saya raih sekarang ini, bahkan sudah melebihi apa yang pernah saya impikan,” ucap Marcus melalui akun Instagram nya.

Selain menjadi pemain bulu tangkis, ternyata Marcus Fernaldi Gideon ini merupakan seorang pebisnis. Hadiah yang didapat dari kejuaraan bulu tangkis dialirkan untuk investasi dengan membangun lima bisnis nya dengan beragam dan variatif.  

Berikut bisnis yang dimiliki oleh Marcus Fernaldi Gideon yang dikutip melalui akun Instagram resminya:

Gor Gideon Badminton Hall 

Marcus Gideon menjalankan bisnis olahraga seperti yang dia lakukan sebagai mantan altlet bulu tangkis yaitu lapangan bulu tangkis, buka dari jam 07:00 – 23:00 WIB terletak di Jl. Swadaya Pabuaran No.1, Ciangsana, Kec. Gn. Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Gor Gideon Badminton Hall milik Marcus Gideon tidak hanya disewakan untuk umum, tetapi juga menjadi tempat akademi bulu tangkisnya untuk latihan.

Gideon Badminton Academy

Setelah berhasil dengan Kevin Sanjaya, Marcus Gideon tidak lupa akan generasi bulu tangkis Indonesia. Oleh karena itu, ia mendirikan Gideon Badminton Academy lokasi latihan nya juga di Gor Gideon Badminton Hall, untuk melahirkan bibit bulu tangkis baru di Indonesia. 

Marcus Gideon mendirikan akademi ini untuk mewujudkan impian sang ayah, Kurniahu Gideon, seorang atlet nasional yang aktif dan bermain di banyak turnamen internasional salah satunya adalah All England. Bisnis ini dibangun Marcus di tengah kesibukannya yang masih aktif menjadi atlet profesional.

M.F.G Coffee and Doughnuts 

Tidak hanya akademi bulu tangkis dan lapangan badminton, Marcus Gideon juga membuka coffee shop yang menawarkan berbagai menu minuman olahan kopi serta makanan ringan seperti roti canai, donat dan lainnya.

Dari namanya saja sudah terlihat jelas bahwa M.F.G merupakan singkatan dari Marcus Fernaldi Gideon. Lokasinya terletak di depan Gor Gideon Badminton Hall, jam operasional coffe shop ini dari 08:00 – 21:00 WIB.

Kurnia Sport Toko 

Selain 3 bisnis yang dijalani Marcus ia juga membuka bisnis perlengkapan olahraga, termasuk peralatan permainan bulu tangkis. Toko ini sudah menjadi agen resmi dari beberapa brand bulu tangkis ternama. 

Tokonya terletak di Perumahan Green Ville, Bl. Ax No.17, RT.10/RW.14, Duri Kepa, Kebonjeruk, Jakarta Selatan, buka dari jam 10:00 – 20:00 WIB.

GIOI by the Farm 

Marcus Gideon juga berbisnis kuliner. Marcus adalah satu-satunya pemilik restoran GIOI by the Farm yang terletak di Jl. Orchestra Beach X, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Tempatnya menawarkan keindahan alam selain menu yang menggugah selera resto ini buka dari jam 10:00 – 23:00 WIB.

Itulah beberapa bisnis yang dijalani oleh Marcus Fernaldi Gideon, ia tidak perlu khawatir dengan kondisi finansialnya dengan memutuskan untuk pensiun dari atlet bulu tangkis.