Christian Atsu saat masih membela Chelsea.
Dunia

Mantan Pemain Chelsea Ditemukan Selamat Usai Tertimbun Puing Gempa Turki

  • Mantan winger Chelsea dan Newcastle United, Christian Atsu, ditemukan selamat usai tertimbun puing-puing bangunan yang runtuh akibat gempa Turki.
Dunia
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Mantan winger Chelsea dan Newcastle United, Christian Atsu, ditemukan selamat usai tertimbun puing-puing bangunan yang runtuh akibat gempa Turki. Saat ditemukan, Atsu yang kini membela klub Turki, Hatayspor, mengalami kesulitan bernapas dan cedera pada kakinya. 

Sebelumnya Atsu dilaporkan hilang bersama Direktur Olahraga Hatayspor, Taner Sevut. Mereka terjebak di bangunan yang hancur akibat gempa besar yang berkekuatan magnitude 7,8. Hingga kini Taner Sevut belum ditemukan. 

“Christian Atsu berhasil dibawa keluar dalam kondisi cedera. Sementara direktur olahraga kami sayangnya masih berada di bawah reruntuhan,” ujar Wakil Presiden Hatayspor, Mustafa Ozat, dilansir dari Radyo Gol, Selasa 7 Februari 2023. 

Surat kabar Turki, Hurriyet, melaporkan upaya penyelamatan Taner Savut terbilang sulit dan mencemaskan. Sehari sebelumnya, tiga pemain Hatayspor yakni Burak Oksuz, Kerem Alici, dan Onur Ergun berhasil diselamatkan dari reruntuhan. Dua ofisial tim Ekrem Eksioglu dan Osman Ates juga ditemukan selamat. 

“Hatay sangat terdampak. Kami sedang mendekati akhir dari jam-jam yang paling berbahaya,” tutur Mustafa Ozat.

Sedikitnya 3.800 orang dilaporkan meninggal dunia di berbagai wilayah Turki dan Suriah akibat gempa bumi yang mengguncang di dekat perbatasan kedua negara awal pekan ini. Jumlah korban tewas diperkirakan terus bertambah menyusul rentetan gempa susulan di kedua negara setelah gempa pertama terjadi.