Nasional

Mantap! 4 Gerbang Ikonik Candi Borobudur Sudah Rampung Dibangun

  • Pembangunan empat gerbang ikonik menuju kawasan Candi Borobudur telah rampung dibangun dan semakin mempercantik tempat pariwisata tersebut agar dapat menarik wisatawan domestik maupun internasional.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Pembangunan empat gerbang ikonik menuju kawasan Candi Borobudur telah rampung dibangun dan semakin mempercantik tempat pariwisata Candi Borobudur agar dapat menarik wisatawan domestik maupun internasional.

Dilansir dari media sosial Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa 24 Mei 2022, empat gerbang ikonik yang selesai dibangun di antaranya Gerbang Blondo, Palbapang, Kembanglimus, dan Klangon.

Di antara gerbang tersebut masing-masing memiliki ikon yang terinspirasi dari relief Candi Borobudur dan didesain oleh seniman Magelang Nyoman Ali Mustafa.

Adapun Gerbang Blondo akan menyambut wisatawan yang datang dari arah Semarang dengan ikon khasnya yakni patung pohon kaltaparu. Sedangkan Gerbang Palbapang untuk menyambut wisatawan dari arah Yogyakarta dilengkapi dengan ikon patung singa.

Kemudian Gerbang Kembanglimus memiliki ikon patung gajah untuk menyambut kedatangan wisatawan dari arah Purworejo. Sementara Gerbang Klangon dengan ikon perahu samudera raksasa akan menyambut kedatangan wisatawan dari arah Kulonprogo.

Sebelumnya, Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan pembangunan jaringan jalan dan jembatan pada kawasan Candi Borobudur yang menjadi salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Pekerjaan tersebut di antaranya penataan trotoar dan pedestrian dengan tetap memperhatikan aspek estetika yang serasi sebagai upaya pelestarian kawasan Borobudur sebagai Situs Warisan Budaya Dunia.