Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati
Nasional

Mantap! Atlet Indonesia di SEA Games Dapat Bonus dari Sri Mulyani Rp275 Miliar

  • Bonus diberikan kepada peraih medali emas, perak, dan perunggu dalam berbagai cabang olahraga di SEA Games.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Pemerintah mengucurkan bonus kepada para atlet dan pelatih Indonesia yang meraih prestasi di SEA Games ke-32 senilai total Rp275 miliar. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam akun instagram resminya.

"Melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, dianggarkan APBN Rp275 miliar untuk pemberian bonus bagi peraih medali (atlet/pelatih/asisten pelatih) SEA Games ke-32," tulis Sri Mulyani, pada Rabu, 17 Mei 2023.

Bonus tersebut akan diberikan kepada para peraih medali emas, perak, dan perunggu dalam berbagai cabang olahraga di SEA Games ke-32.  

Meski begitu, tidak dijelaskan secara rinci berapa besaran bonus yang diberikan kepada para atlet yang peraih medali emas, perak ataupun perunggu. 

Anggaran Total untuk Rp852,2 Miliar

Adapun dalam unggahan Sri Mulyani di instagram, diketahui total dana yang dikucurkan pemerintah untuk menunjang kegiatan para atlet di SEA  ke-32 mencapai Rp852,2 miliar.

Sri Mulyani turut menegaskan komitmen pemerintah dalam mendukung sektor olahraga di Indonesia melalui APBN.

"Kami akan terus mendukung pembinaan dan pengembangan olahraga di tanah air. APBN #UangKita hadir untuk memberikan dukungan yang berkelanjutan kepada para atlet dan pelatih Indonesia," tambahnya.

Adapun anggaran Rp852,2 miliar terdiri atas:

1. Pembinaan sebelum berlaga di multi-event internasional : Rp522 miliar yang 

2. Pengiriman kontingen menuju kamboja : Rp55,2 miliar 

3. Bonus bagi atlet, pelatih dan asisten pelatih : Rp275 miliar

Sebagai informasi, prestasi gemilang yang diraih oleh para atlet Indonesia di SEA Games ke-32 telah mengharumkan Tanah Air. Total terdapat 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu yang berhasil dibawa pulang Indonesia.