Nasional

Mantap! BNPB Yogyakarta Latih 115 Kampung Racik Disinfektan

  • YOGYAKARTA — Badan Penanggulangan Bencana Daerah Yogyakarta memberikan pelatihan pembuatan disinfektan kepada 115 Kampung Tangguh bencana. Hal ini bertujuan untuk memudahkan warga melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri di wilayah masing-masing. “Pelatihan sudah kami lakukan sejak Kamis hingga Sabtu, 28 Maret 2020,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Hari Wahyudi di Yogyakarta, Minggu 29 Maret 2020. […]

Nasional
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

YOGYAKARTA — Badan Penanggulangan Bencana Daerah Yogyakarta memberikan pelatihan pembuatan disinfektan kepada 115 Kampung Tangguh bencana.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan warga melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri di wilayah masing-masing.

“Pelatihan sudah kami lakukan sejak Kamis hingga Sabtu, 28 Maret 2020,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Hari Wahyudi di Yogyakarta, Minggu 29 Maret 2020.

Melansir dari Republika, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cairan disinfektan relatif mudah dicari, di antaranya kaporit atau pemutih pakaian juga bisa jadi alternatif. Jika terlalu menyengat, dapat ditambahkan pewangi pakaian atau pembersih lantai untuk menyeimbangkan baunya.

“Tentunya ada komposisi masing-masing cairan yang dilarutkan sehingga disinfektan pun berfungsi dengan baik untuk membunuh kuman,” ujarnya.

Setelah jadi, cairan disinfektan dapat ditempatkan di botol penyemprot apapun. Untuk melakukan penyemprotan, masyarakat tetap diimbau untuk menggunakan alat pelindung diri, yaitu masker, kacamata, dan sarung tangan.

“Untuk barang-barang elektronik sebaiknya tidak disemprot karena dikhawatirkan justru bisa berbahaya. Cukup dilap saja dengan cairan secukupnya.”

Sebelumnya, BPBD Kota Yogyakarta juga telah bekerja sama dengan kelurahan untuk melakukan pembersihan dan penyemprotan tempat umum, salah satunya di kawasan Kotabaru, meliputi RS Bethesda, Balai RT/RW, Paroki Kotabaru, Masjid Jami Attaqwa, Masjid Fisabilillah, Masjid Al Hijrah, Susteran Kotabaru, area sekitar Jalan Kotabaru, dan sejumlah sekolah.