Mantap! Ekstensi Google Bard Resmi Rilis, Ini Cara Menggunakannya
Gaya Hidup

Mantap! Ekstensi Google Bard Resmi Rilis, Ini Cara Pakainya

  • Simak penjelasan mengenai ekstensi Google Bard sekaligus cara menggunakannya.

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Google Bard memperoleh pembaruan yang canggih. Seperti yang Anda ketahui, chatbot AI yang didukung oleh large language model asli dari Google ini telah dirilis secara gratis untuk semua pengguna sejak diluncurkan ke publik.

Berbeda dengan versi gratis dari ChatGPT OpenAI, ChatGPT terhubung ke internet untuk menawarkan informasi real-time dari website. Akan tetapi, kini chatbot telah menerima peningkatan penting yang memungkinkannya menemukan informasi yang lebih relevan dan spesifik untuk Anda yang sebelumnya tidak terbayangkan. 

Selain itu, ekstensi Google Bard yang baru dirilis kini memungkinkannya menemukan informasi yang lebih relevan dan spesifik untuk Anda yang sebelumnya tidak terbayangkan. Ekstensi Google Bard kini memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan Gmail, YouTube, Maps, Docs dan lainnya untuk memberikan informasi yang sangat spesifik untuk pengguna.

Apa Itu Ekstensi Google Bard?

Dengan adanya ekstensi atau extension, Google Bard dapat menemukan dan menampilkan informasi relevan dari alat Google yang Anda gunakan setiap hari seperti Gmail, Docs, Drive, Google Maps, YouTube, Serta Google Flights, bahkan saat informasi yang Anda perlukan ada di beberapa aplikasi dan layanan.

Cara Mengaktifkan Ekstensi Google Bard

Saat Anda membuka beranda Google Bard, Anda akan melihat ikon teka-teki di bagian atas jendela. Klik di atasnya, maka Anda akan melihat banyak aplikasi Google dalam daftar. 

Pilih salah satu aplikasi yang Anda inginkan, lalu klik Done atau selesai. Hal itu akan membuat ekstensi tersebut telah diaktifkan.

Cara Menggunakan Ekstensi Google Bard di Gmail 

Cara menggunakan ekstensi Gmail Google Bard, cukup mudah. Pertama, aktifkan ekstensi menggunakan cara yang telah disebutkan di atas, lalu ajukan pertanyaan apapun kepada Bard mengenai email Anda. Anda bahkan bisa membuat draft email dengan bantuan Bard dan meringkas rangkaian email. Bard akan membuat ringkasan thread email yang dapat Anda baca atau salin dan tempel ke dokumen lain.

Cara Menggunakan Ekstensi Google Bard di YouTube 

Anda dapat memberikan sejumlah petunjuk kepada Google Bard untuk mendapatkan informasi dari YouTube. Hal ini akan menampilkan video te[at di dalam kotak obrolan Bard sehingga Anda tidak perlu keluar jendela. Anda juga dapat meminta Google Bard untuk menampilkan video spesifik tentang pidato inspiratif, video kucing lucu, atau video YouTube terpopuler hari ini.

Bahkan, dengan Google Bard Anda bisa mendapatkan rekomendasi video yang ingin Anda tonton, misalnya Anda dapat memintanya untuk menampilkan video yang akan membuat Anda tertawa.

Cara Menggunakan Ekstensi Google Bard di Maps

Ekstensi ini akan membuka Google Maps di dalam jendela obrolan dan Anda akan dapat mencari apapun yang Anda inginkan. Anda bisa meminta bantuan Google Bard untuk menunjukkan jarak antara dua tempat lalu menanyakan arah untuk mencapai tujuan. Bahkan, Anda juga dapat menanyakan pertanyaan terkait geografi dan Bard akan menunjukkannya di peta.

Cara Menggunakan Ekstensi Google Bard di Docs

Anda bisa meminta ekstensi Google Bard untuk meringkas dokumen yang tidak ingin Anda baca. Cukup beri tahu Bard judul dokumen yang Anda inginkan maka Bard akan merangkumnya untuk Anda. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menerjemahkan dokumen ke bahasa lain, membuat teks baru, atau meminta feedback mengenai dokumen tertentu.

Itu tadi penjelasan mengenai ekstensi Google Bard sekaligus cara menggunakannya. Selamat mencoba!