Main Film Barbie, Margot Robbie dan Ryan Gosling Ternyata Dibayar Sama, Adil?
Gaya Hidup

Mantap! Film Barbie dan Sutradara Greta Gerwig Pecahkan Rekor Box Office

  • Simak deretan prestasi yang diraih oleh Greta Gerwig dan film yang disutradarainya, Barbie. Apakah Anda sudah ikut menonton film ini?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Akhir-akhir ini film Barbie jadi perbincangan banyak orang. Tidak hanya itu, film Barbie bahkan memecahkan rekor akhir pekan pertama untuk film yang disutradarai oleh seorang wanita, yaitu Greta Gerwig.

Seperti yang dilansir Trenasia.com dari AP News pada Rabu, 26 Juli 2023, dengan penjualan tiket sebesar US$162 juta atau sekitar Rp2,4 triliun dari bioskop-bioskop di Amerika Utara, menurut total studio pada hari Senin lalu, Barbie mampu melampaui Captain Marvel yang disutradarai oleh Anna Boden yang memperoleh US$153,4 juta atau sekitar Rp2,3 triliun pada tahun 2019, dan Wonder Woman tahun 2017 karya Patty Jenkins yang memulai debutnya dengan US$103,3 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.

Selain itu, biaya produksi film Barbie juga lebih murah yaitu US$145 juta atau Rp2,1 triliun, di mana Wonder Woman dengan biaya produksi sebesar US$200 juta atau Rp2,9 triliun dan Captain Marvel US$152 juta atau Rp2,3 triliun. Secara global, perolehan yang didapatkan oleh Barbie melampaui debut Wonder Woman, meski peluncuran global Captain Marvel dilaporkan lebih tinggi. Barbie juga telah mencetak beberapa rekor box office lainnya, termasuk mengalahkan film The Super Mario Bros yang meraih US$146 juta atau Rp2,2 triliun saja. 

Tidak hanya itu, berkat fenomena ‘Barbenheimer’, ratusan ribu penonton bioskop memilih untuk menonton kedua film tersebut sekaligus yaitu Barbie dan drama sejarah Oppenheimer yang disutradarai oleh Christopher Nolan yang dibuka dengan pendapatan luar biasa yaitu US$80,5 juta atau Rp1,2 triliun.

Barbie juga telah diterima oleh para kritikus di mana di situs Rotten Tomatoes. Film yang dibintangi Margot Robbie dan Ryan Gosling itu memperoleh 90% Tomatometer dan 90% Audience Score. Barbie juga mendapatkan gelar debut Juli terbesar ketiga yang pernah ada, melampaui The Dark Knight dan The Dark Knight Rises karya Christopher Nolan dan hanya tertinggal dari live-action The Lion King dan Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2.

Kesuksesan yang diperoleh Barbie dan Greta Gerwig tampak dirayakan secara luas secara online di mana banyak orang di Hollywood turut bersuka cita atas momen tersebut. Reese Witherspoon memporting, “Bagus sekali, GG!” di Instagram. Sementara itu, sutradara Ry Russo-Young juga menuliskan bahwa film Barbie sangat original, feminis, dan terasa unik secara perspektif. Menurutnya, film Barbie memiliki kualitas yang langka di antara film-film besar yang hadir akhir-akhir ini.

Itu tadi deretan prestasi yang diraih oleh Greta Gerwig dan film yang disutradarainya, Barbie. Apakah Anda sudah ikut menonton film ini?