Inilah 5 Kata Kunci yang Jadi Trending di Google Sepanjang 2022
Tekno

Mantap! Google Siapkan Fitur untuk Sembunyikan IP Address di Chrome

  • Simak penjelasan mengenai fitur perlindungan IP address atau IP Protection yang akan dihadirkan di browser Google Chrome.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Penggunaan browser web yang aman tentu akan meningkatkan pengalaman pengguna. Akan tetapi, dalam hal keamanan dan privasi pengguna, Google Chrome ternyata tidak selalu jadi pilihan yang pertama.

Selama bertahun-tahun, tampaknya Google Chrome tertinggal dari browser alternatif seperti Brave dan Firefox dalam hal fitur privasi. Namun, Chrome justru menjadi browser web yang paling banyak digunakan. 

Pengguna Chrome sudah lama mengharapkan perbaikan yang mengutamakan privasi mereka, dan tampaknya Google telah menjawab tantangan tersebut.

Perlindungan IP Address pada Google Chrome

Tambahan terbaru dalam upaya meningkatkan fitur privasi Chrome adalah perlindungan IP address. Fitur inovatif ini bertujuan untuk melindungi IP address pengguna melalui server proxy.

Perlu diketahui bahwa IP address merupakan alat pengidentifikasi dasar dari perangkat dan lokasi yang dapat menimbulkan risiko keamanan jika digunakan secara tidak tepat.

IP address berfungsi sebagai tulang punggung dari situs web dan layanan online untuk melacak perilaku pengguna, menciptakan profil digital yang digunakan untuk memberikan iklan bertarget. Hal ini dapat menimbulkan masalah privasi yang besar karena melewati pelacakan tanpa alat pihak ketiga tidak semudah menangani cookie dari pihak ketiga.

Oleh karena itu, Google menyadari perlunya menyeimbangkan privasi pengguna dengan fungsi penting saat menjelajahi website. Solusi yang diberikan oleh Google meliputi penyamaran IP address pengguna dengan mengalihkan lalu lintas dari domain pihak ketiga tertentu melalui server proxy yang secara efektif dapat membuat IP address jadi tidak terlihat oleh domain tersebut.

Tidak hanya itu, perlu diketahui bahwa IP address memiliki peran penting dalam mencegah penipuan dan berbagai fungsi lainnya. Oleh karena itu, dengan sistem perlindungan baru dari Google ini maka akan menjaga fungsi penting dari IP address Anda.

Pada tahap awal, penggunaan proxy ini bersifat opsional bagi pengguna dan implementasinya akan dilakukan secara bertahap. Google bertujuan untuk memfasilitasi pendekatan secara bertahap dan memastikan setiap wilayah dapat beradaptasi terhadap inovasi dengan kecepatannya masing-masing.

Awalnya fitur IP Protection ini hanya akan digunakan oleh pengguna dengan akun Google Chrome dan IP address berbasis di Amerika Serikat yang akan memiliki akses ke server proxy. Sejumlah pengguna akan berpartisipasi dalam tahap pengujian dan sistem diharapkan berkembang seiring dengan berlangsungnya pengujian.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur perlindungan IP address atau IP Protection yang akan dihadirkan di browser Google Chrome.