Cara Download Video dan Story Instagram dengan DownloadGram Tanpa Install Aplikasi
Tekno

Mantap! Instagram Berikan Holiday Bonus kepada Para Content Creator

  • Simak penjelasan mengenai skema Holiday Bonus untuk kreator Instagram.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Baru saja, CEO Instagram Adam Mosseri mengumumkan bahwa Instagram sedang menguji konsep Holiday Bonus atau Bonus Liburan yang akan memberikan reward atau penghargaan kepada para content creator berdasarkan performa atau kinerja dari konten Reels dan foto.

Instagram juga turut memberitahukan mengenai beberapa update pada tools atau alat-alat di Instagram untuk membantu para pembuat konten memperoleh penghasilan di platformnya, termasuk pelaksanaan uji coba baru bagi kreator untuk menghasilkan uang.

Holiday Bonus Instagram untuk Content Creator

Holiday Bonus ini adalah suatu percobaan atau pengujian khusus dan diberikan secara undangan kepada para content creator tertentu karena kreativitasnya melalui Reels dan foto, termasuk postingan gambar tunggal dan carousel.

CEO Instagram Adam Mosseri mengumumkan bahwa Instagram sedang menguji konsep Holiday Bonus atau Bonus Liburan

Meski begitu, pengujian Holiday Bonus ini hanya berlaku bagi kreator terpilih yang ada di Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan saja. Itu artinya, hanya konten kreator dari negara-negara tersebut yang mendapatkan undangan menguji skema Holiday Bonus baru ini hingga akhir tahun. Mereka yang menerima undangan dari Instagram juga dapat mengaktifkan Holiday Bonus untuk mulai melakukan monetisasi.

Para kreator akan diberikan reward berdasarkan jumlah play atau pemutaran Reels dan penayangan foto yang mereka terima selama periode Holiday Bonus. Selain itu, reward ini juga akan diberikan selama konten tersebut memenuhi syarat Content Monetization Policies.

Meta percaya bahwa skema Holiday Bonus ini masuk akal bagi Instagram sebagai sebuah bisnis dan akan memperluasnya lagi di tahun depan jika pengujian ini berhasil dan sustainable. Bagi para kreator di Korea Selatan dan Jepang, skema ini akan disebut sebagai ‘Year-end Bonus’ dan bukan Holiday Bonus atau bonus liburan.

Instagram Berhasil Miliki Lebih dari Satu Juta Subscription

Instagram berhasil miliki lebih dari satu juta pelanggan atau subscription

Tidak hanya mengumumkan soal skema Holiday Bonus untuk memudahkan kreator memonetisasi kontennya, Meta baru saja mengumumkan bahwa mereka memperkenalkan alat promosi baru kepada kreator dengan subscription aktif di Instagram. 

Dengan adanya kebijakan ini, maka Instagram akan menampilkan tombol ‘Subscribe’ atau ‘Berlangganan’ saat followers melihat konten di Feeds. Hal ini diklaim akan memudahkan para content creator menyambut subscriber baru melalui DM dan Stories.

Subscription awalnya diluncurkan di Amerika Serikat pada Juli 2022 yang memungkinkan para content creator mengunci foto dan Reels di balik tampilan yang terkunci yang mengharuskan subscriber untuk membayar biaya langganan.

Menurut Meta, sekarang sudah terdapat lebih dari satu juta pelanggan aktif dari para content creator melalui subscription Instagram. Tidak hanya itu, baru-baru ini Instagram juga meluncurkan subscription untuk content creator di 35 negara lainnya.

Itu tadi penjelasan mengenai skema Holiday Bonus untuk kreator Instagram.