<p>Menteri BUMN, Erick Thohir. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Mantap! Investasi BUMN RI di Seluruh Dunia Tembus Rp258 Triliun

  • Menteri BUMN Erick Thohir mengaku ingin membawa perusahaan-perusahaan BUMN go global. Untuk itu, Kementerian BUMN menggelar nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) kerja sama dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Industri
Issa Almawadi

Issa Almawadi

Author

JAKARTA – Tampaknya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia semakin gencar berekspansi ke seluruh dunia. Bahkan, perusahaan pelat merah RI ini membukukan investasi di luar negeri hingga ratusan triliun di berbagai sektor.

Menteri BUMN Erick Thohir mengaku ingin membawa perusahaan-perusahaan BUMN go global. Untuk itu, Kementerian BUMN menggelar nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) kerja sama dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Gelaran yang berlangsung hari ini, Jumat, 17 Juli 2020, ini dilakukan agar BUMN mampu mengikuti persaingan global yang kian ketat.

Berdasarkan data dinamis yang dikumpulkan dari seluruh Perwakilan RI, nilai investasi outbound BUMN di seluruh dunia mencapai US$17,5 miliar atau setara Rp258,65 triliun (kurs tengah Bank Indonesia Rp14.780 per dolar Amerika Serikat).

MoU ini diharapkan dapat meningkatkan nilai invesasi BUMN di luar negeri dan mendorong performa ekspor Indonesia. Selain itu, area kerja sama juga mencangkup upaya match making antara BUMN dan investor asing yang berminat melakukan inbound investment di Indonesia sesuai dengan sektor yang diminati.

“BUMN mencanangkan program BUMN Go Global untuk mendukung supply chain dalam memasarkan produk di pasar strategis. Saat ini merupakan momentum yang spesial karena terdapat persamaan kesadaran dan visi untuk mendorong pengembangan BUMN di pasar global, sehingga dapat meningkatkan jumlah transaksi dan nilai investasi outbound BUMN, serta dapat memajukan kepemimpinan Indonesia di luar negeri,” ujar Erick.

Penandatanganan Nota Kesepahaman BUMN Go Global antara Menteri BUMN Erick Thohir dan Menlu Retno Marsudi. / Dok. Kementerian BUMN

Ekspansi Kelas Dunia

Sejauh ini, beberapa perusahaan BUMN telah berkibar di luar negeri. BUMN tersebut antara lain PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA yang telah menjalin kerja sama proyek gerbong kereta api dengan pemerintah Bangladesh. BUMN pertahanan juga melakukan ekspor berbagai produk seperti Pistol G2 Elite, Amunisi Peluru, Medium Tank, Kapal Kargo, Pesawat CN 235-220 dan lainnya.

Selain itu PT Bio Farma (Persero) saat ini telah memproduksi dan memasarkan vaksin polio di berbagai negara seperti Angola, Somalia dan Ethiopia. Untuk mencapai tujuan tersebut, kedua kementerian menyepakati kemungkinan pembentukan tim taktis yang terdiri dari perwakilan kedua institusi dan unsur BUMN yang memiliki kesiapan dan kapasitas untuk melakukan outbound investment.

Erick menjelaskan, tim ini berkolaborasi mengawal dari tahap identifikasi peluang investasi, penjajakan mitra dan akses permodalan, hingga pelaksanaan investasi serta perlindungan terhadap investasi Indonesia di luar negeri. Nota kesepahaman bersama ini berlaku hingga empat tahun dan secara berkala akan dimonitor dan dievaluasi.

“Pembentukan Tim Bersama BUMN Go Global antara Kementerian Luar Negeri dan Kementerian BUMN ini dimaksudkan untuk sinergitas pengembangan BUMN di pasar global dan meningkatkan kerja sama dengan mitra partner strategis,” tambah Retno.

Diharapkan dengan adanya kerja sama dan asistensi mengenai diplomasi ekonomi ini dapat memperluas jaringan partnership, potensi investasi BUMN dan peluang untuk memasarkan produk BUMN di kancah Internasional. (SKO)