<p>Proyek LRT Jabodetabek Lintas Cawang-Dukuh Atas / Dok. PT Adhi Karya (Persero) Tbk.</p>
Korporasi

Mantap! Kontrak Baru BUMN Adhi Karya Melejit 104 Persen per Juli 2022

  • Kontrak baru Adhi Karya salah satunya yakni pekerjaan konstruksi MRT Fase 2 Harmoni - Mangga Besar.
Korporasi
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - Emiten konstruksi pelat merah PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) meraih kontrak baru sebesar Rp15,9 triliun hingga Juli 2022. Jumlah tersebut naik 104% dibandingkan dengan perolehan kontrak pada Juli 2021 sebesar Rp7,8 triliun.

Secara keseluruhan, realisasi kontrak baru Adhi Karya berdasarkan sumber dana diperoleh dari proyek pemerintah sebesar 15%, proyek Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Daerah (BUMD) sebesar 5%, dan proyek kepemilikian swasta 79%.

Sedangkan berdasarkan lini bisnis, kontribusi kontrak baru ADHI didominasi lini engineering dan konstruksi sebesar 87%, bisnis properti dan hospitality sebesar 8%, dan sisanya merupakan lini bisnis lainnya.

Corporate Secretary Adhi Karya Farid Budiyanto mengatakan peningkatan capaian kontrak baru ini merupakan bukti dari proses pertumbuhan dan komitmen ADHI dalam meningkatkan kinerja secara berkala.

"Pencapaian pada kontrak baru kali ini, tidak hanya pada nilai kontrak yang diraih, tetapi juga pada kompetensi yang terus dikembangkan secara berkelanjutan", jelas Farid, dalam keterangan resmi, dikutip Rabu, 24 Agustus 2022.

Adapun beberapa tambahan kontrak besar yang diperoleh ADHI pada Juli 2022, antara lain Proyek Construction Service Work Unit Rate (CS-WUR) di Riau, Masjid Raya Batam Center, serta pekerjaan MRT Fase 2A Contract Package 202 (CP 202).

Kontrak Baru Pekerjaan MRT Harmoni - Mangga Besar

Sementara itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) telah menetapkan Shimizu ADHI Joint Venture - SAJV sebagai kontraktor pelaksana pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP202.

Proyek konstruksi MRT Fase 2A CP 202 merupakan kerja sama Shimizu dan ADHI dengan porsi ADHI sebesar 35%. Sebelumnya, SAJV juga telah bekerja sama dalam pembangunan MRT Jakarta Fase  2A CP201 (Bundaran HI-Harmoni).

Proyek MRT Fase 2A CP 202, meliputi pembangunan tiga buah stasiun bawah tanah, serta jalur tunnel atau terowongan bawah tanah dari Harmoni sampai dengan Mangga Besar.

Melalui pekerjaan proyek ini, ADHI terus melakukan pengembangan kompetensi di bidang prasarana perkeretaapian. Setelah sebelumnya mengerjakan proyek prasarana LRT Jabodebek dengan struktur elevated, ADHI meningkatkan pengembangan kompetensi di prasarana perkeretaapian dengan struktur underground.