pansela.jpg
Nasional

Mantap! Lewat Jalur Pansela Pemudik Bakal Kebanjiran Beragam Kuliner Daerah

  • Jalur mudik Pantai Selatan (Pansela) Jawa tahun ini bisa dilalui para pemudik Lebaran 2022 dengan beragam fasilitas yang sudah disiagakan sekaligus keindahan alam di sekitarnya.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Jalur mudik Pantai Selatan (Pansela) Jawa tahun ini bisa dilalui para pemudik Lebaran 2022 dengan beragam fasilitas yang sudah disiagakan sekaligus keindahan alam di sekitarnya. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono mengatakan, jalur Pansela ini memiliki pajang Jalan 1.250 kilo meter (km) yang saat ini sudah tersambung dari Banten hingga Pacitan yang nantinya akan dilanjut hingga Banyuwangi.

"Pemudik yang tidak datang dari Bayah, Banten bisa masuk ke jalur Pansela melalui Sukabumi dan langsung terhubung ke Pacitan," kata Menteri PUPR Basuki dikutip dari siaran pers, Jumat, 22 April 2022.

Bagi pemudik yang melalui jalur Pansela bisa menemukan berbagai macam kuliner daerah di sepanjang jalur mudik yang melewati kawasan pantai.

Kuliner ini bisa ditemui di sepanjang rute dari Sukabumi Cilacap, Kebumen, Purworejo, Yogyakarta, hingga Gunung Kidul. Beragam kuliner bisa ditemui seperti duren, sate ayam ambal, nasi merah dengan sayur lodeh sambal ijo, dan lainnya.

Selain itu, jalur Pansela juga menghadirkan beragam keindahan alam serta tempat pariwisata yang bisa dikunjungi saat melewatinya. Pariwisata pantai tersebut hadir di Gunung Kidol, Wonogiri, hingga kebumen. 

Kemudian, ruas Pansela ini terbentang melintasi lima provinsi di Pulau Jawa yakni Provinsi Banten dengan ruas Simpang Labuhan - batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 km. Lalu di Provinsi Jawa Barat dengan ruas dari batas Pronvinsi Banten - Sindang Barang hingga batas Provinsi Jawa Tengah sepanjang 417,1 km.

Selanjutnya, di Provinsi Jawa Tengah dimulai dari batas Provinsi Jawa Barat - Congot - Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 km.

Di Provinsi Daerah Istimewah (DI) yogyakarta dengan ruas Karang Nongko - Legundi hingga Duwet sepanjang 120,8 km. Terakhir ruas-ruas di Provinsi Jawa Timur di ruas Panggul - Sendangbiru - Jarit - Puger hingga Glenmore sepanjang 627,6 km. Sehingga total jalan yang sudah terhubung sebanyak 1.242 km.