Recruitment Pertamina 2022 Resmi Dibuka, Simak Formasi dan Cara Daftar
Nasional

Mantap! TKDN Pertamina Hulu Energi Sentuh 50,41 Persen pada Kuartal I-2022

  • Subholding Upstream PT Petamina (Persero) yakni PT Pertamina Hulu Energi mencatatkan capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 50,41% sepanjang kuartal I-2022.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Subholding Upstream PT Petamina (Persero), PT Pertamina Hulu Energi mencatatkan capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 50,41% sepanjang kuartal I-2022.

Direktur SDM & Penunjang Bisnis Subholding Upstream Oto Gurnita menjelaskan capaian TKDN tersebut diperoleh dari seluruh kegiatan pengadaan yang dilakukan perseroan baik berupa barang maupun jasa di lingkungan kerja subholding upstream.

"Perhitungan TKDN komponen barang mengacu kepada nilai sertifikat TKDN pada saat proses pengadaan. Sedangkan untuk perhitungan TKDN Komponen Jasa mengacu kepada hasil verifikasi TKDN yang dilakukan oleh Surveyor Independen atau Internal Subholding Upstream,’’ jelas Oto dalam keterangan pers dikutip Selasa, 26 April 2022.

Dari keseluruhan capaian tersebut, Regional Indonesia Timur yang terdiri dari zona 11 hingga 14 mencatatkan perolehan capaian TKDN tertinggi sebesar 69,22%, disusul oleh PT Pertamian EP sebagai Regional Jawa dengan capaian TKDN sebesar 54,47%.

Adapun tingginya capaian TKDN tersebut berdampak positif bagi pertumbuhan industri di tanah air. Hal itu akan memberikan multiplier effect, khususnya bagi industri pendukung lain yang bergerak di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas).