Daftar 16 Ponsel yang Bakal Diblokir WhatsApp, Ada iPhone dan Samsung
Tekno

Mantap! WhatsApp Resmi Umumkan Gunakan Passkey untuk Pengguna Android

  • Simak penjelasan mengenai penggunaan passkeys di WhatsApp.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - WhatsApp adalah platform perpesanan instan terpopuler di dunia yang diketahui memiliki 2 miliar pengguna aktif. Sejak debutnya pada bulan November 2009, platform perpesanan instan ini telah mengalami banyak sekali perubahan seperti menghadirkan berbagai fitur baru untuk meningkatkan pengalaman berkirim pesan yang pada akhirnya mampu menggantikan SMS tradisional sebagai bentuk utama pesan teks.

Selama bertahun-tahun, WhatsApp tampaknya telah menjadi semacam toko serba ada yang menawarkan fitur pesan teks, panggilan suara, panggilan video, bahkan memfasilitasi bisnis dan pembayaran. Karena WhatsApp memiliki basis pengguna yang sangat besar, penting bagi WhatsApp untuk melindungi data dan privasi pengguna, untuk itu terdapat enkripsi end-to-end pada platform.

Tidak hanya enkripsi end-to-end, WhatsApp juga meluncurkan fitur keamanan lain yang memungkinkan pengguna untuk masuk melalui passkeys.

Passkeys di WhatsApp

Dalam postingan di X, akun resmi WhatsApp mengumumkan bahwa platform tersebut meluncurkan kemampuan yang dapat memudahkan pengguna masuk ke aplikasi melalui passkeys, bukan otentikasi 2 faktor tradisional. Tidak hanya itu, akun WhatsApp juga dapat diakses melalui face unlock, otentikasi sidik jari, bahkan PIN.

WhatsApp resmi gunakan passkeys untuk ponsel Android

Perkembangan ini terjadi hanya seminggu setelah Google mendorong penggunanya untuk menggunakan passkeys yang memudahkan pengguna login tanpa kata sandi atau password.

Bagi Anda yang belum mengetahui, passkeys dapat dianggap sebagai pengganti password atau kata sandi yang memungkinkan pengguna masuk ke situs web dan aplikasi yang didukung melalui autentikasi biometrik atau pengenalan wajah. Biasanya hal ini akan disimpan di perangkat itu sendiri dan bukan di server mana pun, sehingga berpotensi mengurangi kemungkinan bocor secara online.

Fitur ini pertama kali dikabarkan oleh WABetaInfo pada bulan Agustus lalu di WhatsApp versi Beta, di mana terdapat menu pengaturan passkeys tersembunyi yang menyatakan pengguna dapat menggunakan sidik jari, wajah, atau kunci layar untuk memverifikasi apakah itu Anda yang memiliki passkeys.

WhatsApp telah mengumumkan bahwa fitur ini akan diluncurkan untuk pengguna Android dalam beberapa minggu dan bulan mendatang. 

Passkeys di iPhone

Ternyata WhatsApp bukan satu-satunya platform yang bergerak untuk mulai meniadakan penggunaan kata sandi atau password. Pada acara WWDC pada bulan Juni tahun lalu, Apple telah meluncurkan passkeys sendiri. Pengguna dapat membuat passkeys untuk setiap situs web dengan menggunakan Face ID atau Touch ID yang akan disinkronkan dengan aman di seluruh perangkat Apple termasuk Apple TV.

Itu tadi penjelasan mengenai penggunaan passkeys di WhatsApp. Apakah Anda tertarik menggunakannya?