<p>Pendiri media sosial Facebook Mark Zuckerberg / Facebook @zuck</p>
Tekno

Mark Zuckerberg Bakal PHK Lagi 10.000 Karyawan Meta

  • Meta milik Mark Zuckerberg bakal kembali melakukan putaran PHK besar-besaran.
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

CALIFORNIA - Meta milik Mark Zuckerberg bakal kembali melakukan putaran pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran. Setelah melakukan PHK pada 13.000 karyawan empat bulan lalu, pemecatan gelombang kedua ini bakal berdampak pada 10.000 karyawan.

Mengutip Insider, Rabu, 15 Maret 2023, CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan pemotongan itu diperlukan untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan di lingkungan yang sulit.

"Ini akan sulit dan tidak ada jalan lain. Itu berarti mengucapkan selamat tinggal kepada kolega berbakat dan bersemangat yang telah menjadi bagian dari kesuksesan kami. Mereka telah mendedikasikan diri mereka untuk misi kami dan saya secara pribadi berterima kasih atas semua upaya mereka. Kami akan mendukung orang dengan cara yang sama seperti sebelumnya dan perlakukan semua orang dengan rasa terima kasih yang pantas mereka terima," tulis Mark pada akun Facebooknya sebagaimana dikutip TrenAsia.com.

Selain melakukan PHK gelombang kedua, Zuckerberg mengatakan, perusahaan juga akan menutup sekitar 5.000 posisi pekerjaan terbuka yang belum diisi. Selain itu, Meta juga disebut akan memberhentikan lebih banyak anggota tim perekrutannya, yakni sektor perusahaan yang terpukul oleh PHK perusahaan sebelumnya.

Mark menambahkan,  anggota tim perekrutan Meta yang terdampak akan diberi tahu tentang status pekerjaan mereka pada hari Rabu. Sementara itu, upaya restrukturisasi lainnya akan dilakukan pada akhir April atau Mei.

Dalam pesannya kepada karyawan, Zuckerberg memperingatkan bahwa perusahaan mungkin akan mengurangi biaya untuk beberapa waktu mendatang.

"Pada titik ini, saya pikir kita harus mempersiapkan diri untuk kemungkinan bahwa realitas ekonomi baru ini akan berlanjut selama bertahun-tahun. Suku bunga yang lebih tinggi menyebabkan ekonomi berjalan lebih ramping, lebih banyak ketidakstabilan geopolitik menyebabkan lebih banyak volatilitas, dan peningkatan regulasi menyebabkan pertumbuhan yang lebih lambat dan peningkatan biaya inovasi," tulisnya dalam pesan yang diposting di Facebook.

"Mengingat prospek ini, kita harus beroperasi lebih efisien daripada pengurangan jumlah pegawai kita sebelumnya menjadi memastikan keberhasilan," tambahnya.

Setelah dilakukan PHK,  perusahaan yang sebelumnya bernama Facebok memiliki sekitar 65.000 karyawan, turun dari puncak tahun lalu sekitar 86.000. 

Pada November 2022, sebanyak 11.000 karyawan di-PHK yang disebut Zuckerberg pada saat itu sebagai "upaya terakhir".

Tahun Efisiensi

Pada laporan pendapatan kuartalan 2023, Mark menyebut bahwa tahun ini bisa dikatakan sebagai  "tahun efisiensi" Meta. Mark  juga mengatakan dia tidak ingin perusahaan menjadi salah satu manajer yang mengelola manajer lainnya. 

Pada laporan pendapatan kuartalan, pembicaraan tentang membangun Metaverse dan biaya terkait tampak tak terlalu ambisius untuk pertama kalinya sejak perusahaan berganti nama pada 2021.

Sebagaimana diketahui, pada beberapa minggu terakhir, pembicaraan di dalam perusahaan telah beralih ke perataan, merujuk pada seruan Zuckerberg untuk menghapus lapisan manajemen di Meta, dan Facebook. Perusahaan mengambil peran manajemen terbuka dan mengubahnya ke posisi non-manajemen saat manajer bersiap untuk diturunkan jabatannya . 

Ide pemotongan biaya adalah hal baru bagi Meta, yang telah berkembang pesat sejak didirikan hampir 20 tahun lalu. Pandemi mendorong lebih banyak pertumbuhan pada Meta. Sayangnya, peningkatan tren tersebut penggunaan tidak bertahan lama.