<p>Pendiri media sosial Facebook Mark Zuckerberg / Facebook @zuck</p>
Tekno

Mark Zuckerberg Resmi Umumkan Fitur Edit Chat di Aplikasi WhatsApp, Canggih!

  • WhatsApp dikabarkan telah meluncurkan fitur edit chat di aplikasi.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Aplikasi WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan yang disukai banyak orang di Indonesia. Namun, ada satu kendala yang dialami oleh para pengguna yaitu pengguna tidak bisa mengedit chat atau pesan di WA atau WhatsApp.

Namun sekarang, pengguna tampaknya sudah bisa bernapas lega. Hal ini karena WhatsApp telah meluncurkan fitur edit chat di aplikasi. Itu artinya, aplikasi tersebut bergabung dengan platform lain seperti iMessage dan Slack yang memudahkan pengguna mengedit pesan. 

Fitur ini sekarang telah diluncurkan untuk pengguna di seluruh dunia dan akan tersedia untuk semua orang dalam minggu-minggu mendatang. Tidak hanya itu, seperti yang dilansir dari postingan akun Facebook resmi Mark Zuckerberg, ia menjelaskan bahwa pengguna bisa mengedit chat WhatsApp sampai 15 menit setelah pesan tersebut dikirim.

Mark Zuckerberg Resmi Umumkan Fitur Edit Chat di Aplikasi WhatsApp, Canggih!

Ketika fitur sudah tersedia, pengguna akan dapat menekan pesan dalam waktu yang lama dan mengklik tombol ‘Edit’ untuk mengubah apa yang ditulis di chat tersebut.

Opsi ini akan tersedia selama lima belas menit setelah chat dikirim. Waktu lima belas menit ini tentu jauh lebih pendek daripada opsi menghapus pesan yang sekarang menjadi dua setengah hari, setelah diperpanjang tahun lalu.

Selain itu, pesan yang telah diedit akan menampilkan keterangan ‘edited’ kecil di sebelahnya sehingga penerima pesan mengetahui adanya perubahan pesan yang sudah terjadi.

WhatsApp mengatakan fitur itu dapat digunakan untuk memperbaiki salah tulis atau typo sederhana untuk menambahkan konteks tambahan ke pesan.

Perubahan baru dari WhatsApp ini menjadi fitur yang terbaru dari serangkaian perubahan kecil pada WhatsApp yang dimaksudkan untuk membuat aplikasi lebih mudah digunakan. Baru saja WhatsApp juga memberikan fitur baru seperti fitur obrolan rahasia atau secret chat, perbaikan untuk cara jajak pendapat dan forward message, dan opsi untuk terus menghilang pesan.

Seperti yang ditelusuri dari laman The Independent, pembaruan-pembaruan WhatsApp tersebut hadir setelah aplikasi tersebut dikritik karena tampaknya mengakses mikrofon orang saat aplikasi tersebut bahkan tidak digunakan. WhatsApp mengatakan itu adalah bug yang dihasilkan dari perangkat lunak di sistem operasi Android Google, dan bersikeras bahwa hal itu tidak mendengarkan pengguna.