<p>Pasar Pariaman berdiri di atas lahan seluas 5.559 meter persegi dan memiliki luas lantasi 9.512 meter persegi serta memiliki tinggi empat lantai. / Dok. PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk</p>
Nasional

Ma’ruf Amin Resmikan Pasar Rakyat Pariaman, Habiskan Dana Rp89,74 Miliar

  • Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman, Sumatera Barat. Proyek PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) ini menggunakan nilai anggaran sebesar Rp89,74 miliar.

Nasional
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman, Sumatra Barat. Proyek PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) ini menggunakan nilai anggaran sebesar Rp89,74 miliar.

“Program revitalisasi pasar rakyat sangat bermanfaat untuk memulihkan ekonomi karena sifatnya dilakukan dengan padat karya. saya berharap pasar ini mampu menjadi motor penggerak perkembangan UMKM di Kota Pariaman,” ujar Ma’ruf dalam acara peresmian, Selasa, 6 April 2021.

WEGE diberi kepercayaan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merevitalisasi Pasar Rakyat Pariaman. Pembangunan ini dilakukan bersamaan dengan Puncak Peringatan Hari Nusantara di Pariaman pada Desember 2019 lalu.

Pasar ini berdiri di atas lahan seluas 5.559 meter persegi dan memiliki luas lantai 9.512 meter persegi serta memiliki tinggi empat lantai. Pasar yang yang berlokasi di Jalan Sultan Syahrir ini telah berusia lebih dari 100 tahun dan  telah mengalami beberapa kali kerusakan akibat gempa dan kebakaran.

WEGE melakukan pengerjaan dengan ruang lingkup struktur, arsitektur, MEP dan landscape. Bangunan pasar ini nantinya dapat menampung sebanyak 362 kios pedagang.

Pihak kontraktor juga mengklaim pasar ini dibangun kembali dengan konsep ramah lingkungan yang tahan gempa.

Tidak hanya sebagai pasar rakyat, bangunan juga dapat menjadi shelter apabila terjadi bencana tsunami karena dilengkapi dengan atap dak beton serta ramp di sisi selatan bangunan sebagai lokasi evakuasi.

Antisipasi ini dilakukan mengingat posisi pasar yang berada di pusat kota dan dekat dengan wisata Pantai Gandoriah, Pariaman, Sumatra Barat.

Sementara itu, WEGE menargetkan perolehan kontrak dihadapi (order book) sebesar Rp15,52 triliun pada 2021. Target ini naik 6,27% dari revisi rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) sebesar Rp14,61 triliun. (SKO)