Ilustrasi THR
Gaya Hidup

Masih Ada Beberapa Hari Lagi Sebelum Lebaran, Begini 4 Cara Maksimalkan THR

  • 4 Tips Maksimalkan Tunjangan Hari Raya (THR)Tidak terasa sudah memasuk akhir bulan Ramadhan, dan sebentar lagi umat muslim akan merayakan Hari Lebaran. Salah sa

Gaya Hidup

Azura Azka Syavira

JAKARTA - Tidak terasa sudah memasuk akhir bulan Ramadan, dan sebentar lagi umat muslim akan merayakan Hari Lebaran. Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu dari bulan Ramadan bagi para PNS dan karyawan swasta adalah pembagian Tunjangan Hari Raya (THR). 

Menurut Permenaker No 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi pekerja atau buruh di perusahaan, THR wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya.

Nah, mendapatkan uang THR tentunya bisa dijadikan modal anda untuk memenuhi keperluan sekunder bahkan tersier. Namun apabila tidak dikelola dengan baik, THR bisa bisa langsung ludes loh. Simak tips berikut agar keuangan THR anda tetap stabil.

1. Buat Budgeting

Penting sekali bagi anda untuk mengalokasikan THR yang anda dapatkan. Alokasi dana dapat dibagi menjadi pos-pos pengeluaran berdasarkan prioritas dari yang tidak urgent sampai yang paling urgent.

2. Lunasi Utang atau Kewajiban

Jika anda masih memiliki utang, prioritaskan segera untuk melunasinya, misalkan utang ke teman/ saudara atau bahkan cicilan atau tagihan kredit.

3. Berdonasi/ Berbagi

Alokasikan untuk kebaikan pula seperti berbagi dengan sesama, berinfaq, menyantuni anak yatim piatu di panti asuhan atau dapat juga mengirim uang ke keluarga yang membutuhkan.

4. Investasi

Jangan lupa sisihkan juga dana THR anda untuk berinvestasi. Ingatlah semakin besar uang yang di sisikan maka semakin cepat juga mimpi-mimpi anda akan terwujud.