Karyawan beraktifitas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan perdana di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 3 Januari 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Pasar Modal

Masih January Effect, IHSG Hari Ini Diramal Menghijau

  • Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu, 5 Januari 2022, diprediksi masih melanjutkan tren positif dari kemarin dan berpotensi menguat, diiringi dengan sentimen awal tahun alias January Effect.
Pasar Modal
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu, 5 Januari 2022, diprediksi masih melanjutkan tren positif dari kemarin dan berpotensi menguat, diiringi dengan sentimen awal tahun alias January Effect.

Analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya memprediksi, IHSG masih memiliki dua skenario. IHSG diproyeksi berada di level 6.538-6.702, serta adanya kemungkinan koreksi jangka pendek.

"IHSG masih berpotensi menguat, namun penguatan terlihat sudah cukup terbatas sehingga risiko terhadap potensi terjadinya koreksi jangka pendek," ujarnya dalam riset yang diterima TrenAsia.com, Selasa, 4 Januari 2022.

Di sisi lain, aliran dana asing yang masuk atau capital inflow masih belum menunjukan tren positif di pasar modal, dengan adanya kemungkinan koreksi, hal ini bisa dimanfaatkan oleh investor dalam pembelian saham jangka pendek.

Dengan aspek tersebut William merekomendasikan saham yang dapat dipertimbangkan ke daftar beli yaitu SMGR, AALI, BBNI, ITMG, ASII, BMRI, ICBP dan CTRA.

Adapun dilansir dari RTI Business, pada perdagangan kemarin, IHSG ditutup menghijau ke level 6.695,37 atau naik 0,45%, bergerak antara 6.675,13 - 6.720,65.

Gerakan Indeks terjadi saat 273 saham naik, 263 saham turun dan140 yang tidak berubah. Sementara kapitalisasi pasar modal Indonesia mencapai Rp8.442 triliun.