Presiden Joko Widodo meninjau Proyek Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN), Segmen 3B, Ruas KKT Kariangau – Sp. Tempadung, Kota Balikpapan pada Rabu, 22 Februari 2023.
Industri

Masih Proses Pembebasan Lahan, Hutama Karya Pede Jalan Tol IKN Rampung 2024

  • PT Hutama Karya menargetkan proyek Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) akses 3A Karangjoang – KKT Kariangau akan selesai pada akhir 2024.
Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Hutama Karya menargetkan proyek Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) akses 3A Karangjoang – KKT Kariangau akan selesai pada akhir 2024.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa saat ini pembangunan proyek yang akan menghubungkan Balikpapan dan Kawasan inti dari IKN di Kalimantan Timur ini sudah mulai progres pembangunan awal sembari penyelesaian proses pembebasan lahan. 

Terdapat 3 (tiga) segmen yang digarap oleh beberapa BUMN Karya dalam pembangunan tol ini yakni segmen 3A Karangjoang - KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Segmen 3B KKT Kariangau - Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km dan Segmen 5A simpang Tempadung - Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km.

“Pada pengerjaan proyek ini Hutama Karya tergabung dalam kerja sama operasi (KSO) dengan Adhi Karya dan Brantas Abipraya, fokus pengerjaan pada seksi 3A saja,” ujar Tjahjo dalam keterangan resmi, Rabu 1 Maret 2023.

Lebih lanjut Tjahjo mengatakan bahwa selain menargetkan proyek rampung tepat waktu, Hutama Karya selaku kontraktor berkomitmen untuk memberikan jaminan mutu dengan kualitas terbaik dan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan serta memperhatikan aspek K3 di lapangan.

“Sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi untuk mengusung kawasan hijau dan menerapkan visi future smart forest city kita harus seminimal mungkin melakukan penebangan pohon dan menjaga lingkungan,” ujar Tjahjo.

Selain itu, Tjahjo juga menyampaikan bahwa dalam proyek ini, Hutama Karya melakukan pekerjaan pembangunan jalan baru sepanjang 9,965 km dan pembangunan jembatan baru yang melewati sungai dan rawa sepanjang 3,435 km.

“Hutama Karya optimis dapat menyelesaikan pembangunan segmen 3A Karangjoang – KTT Karingau sepanjang 13,4 km dengan tepat waktu dan tepat mutu sehingga dapat mempermudah akses menuju Kawasan inti IKN yang semula menempuh perjalanan 2 jam menjadi 30 menit saja,” tutup Tjahjo.