Tekno

Masih Tersegel, iPhone Generasi Pertama Dijual Rp466 Juta

  • Sebuah ponsel iPhone 8GB generasi pertama dilaporkan masuk ke dalam rumah lelang
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

CALIFORNIA - Sebuah ponsel iPhone 8GB generasi pertama dilaporkan masuk ke dalam rumah lelang. Ponsel yang masih dalam keadaan tersegel itu diprediksi laku terjual hingga US$30.000 atau kisaran Rp466 juta.

Sebagai pembanding, ponsel keluaran 2007 ini dibanderol US$599 atau Rp9,2 juta saat pertama kali rilis. Artinya, ponsel besutan Steve Jobs itu akan dijual 50 kali lipat dari harga pasar pertamanya.

"Contoh rilis pertama yang disegel pabrik ini dalam kondisi luar biasa. Kolektor dan investor akan sulit sekali menemukan contoh yang unggul. Relevansi dan kelangkaan merupakan formula kemenangan untuk koleksi panas ini," tulis deskripsi item dari LCG Auctions.

Mengutip Insider Senin, 17 Oktober 2022, ponsel ini bahkan lebih mahal dibanding produk iPhone terbaru, iPhone 14 yang kini dibanderol kisaran US$799 atau Rp14 juta di pasar Indonesia.

Tambahan informasi, iPhone generasi pertama hadir dengan layar 3,5 inci, kamera 2,5 megapiksel dan browser web.  Ketika mendiang pendiri dan CEO Apple Steve Jobs pertama kali memperkenalkannya 15 tahun yang lalu, ia menyebutnya sebagai kombinasi dari iPod, telepon, dan komunikator internet dalam satu perangkat.

Sejauh ini, ada 16 tawaran untuk telepon. Harga dibuka mulai dari US$2.500 atau kisaran Rp38 juta. Tawaran teratas pada tulisan ini adalah US$10.446 atau kisaran Rp161,6 juta. Lelang berakhir Minggu sore waktu setempat.